Tahun 2022, Kakanwil Tekankan Dua Tugas

Semarang – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Mustain Ahmad menekankan kepada segenap Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk melaksanakan dua hal pada tahun anggaran 2022. Dua tugas tersebut yaitu pengembangan inovasi layanan dan pemecahan masalah (solving problem).

Hal itu ditegaskan Kakanwil di hadapan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-jawa Tengah pada kegiatan Rakor Pelaksanaan Kinerja dan Anggaran, Penyerahan DIPA, Submit Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) dan Penandatanganan Pakta Integritas yang digelar oleh Kanwil Kemenag Jateng pada Selasa (21/12/2021) di aula setempat.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Mukhlis Abdillah. Sementara itu tim ZI Kemenag Kota Semarang mengikuti acara secara streaming dari aula Kemenag Kota Semarang. 

Kakanwil mengatakan, inovasi layanan tersebut sebagai wujud nyata peningkatan layanan kepada masyarakat. “Untuk menciptakan inovasi ini, dibutuhkan ide-ide yang kreatif. Karena itu kita harus memperkaya inspirasi,” kata Kakanwil.

Kakanwil juga meminta Kemenag Kabupaten/Kota untuk mendukung keberhasilan revitalisasi KUA di setiap kecamatan. “Revitalisasi KUA ini adalah cara kita meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kredibilitas Kementerian Agama di mata masyarakat,” sambung Kakanwil.

Keamanan Nataru

Dalam pembinannya, Kakanwil juga meminta Kemenag Kabupaten/Kota bisa berpartisipasi dalam menjaga keamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022. “Kakankemenag agar memantau pelaksanaan Natal dan Tahun Baru agar aman dan memastikannya berjalan dengan aman tanpa gangguan dan mematuhi protokol kesehatan,” tuturnya.

Pada kegiatan ini dilaksanakan submit PMPZI oleh 35 Kemenag Kabupaten/Kota. Selain itu, diadakan Penyerahan DIPA oleh Kakanwil kepada Kakankemenag Kabupaten/Kota se-jawa Tengah, serta Penandatanganan Pakta Integritas oleh Kakanwil dan Kakankemenag Kabupaten/Kota se-jawa Tengah.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Mukhlis Abdillah. Mukhlis turut menerima DIPA tahun 2022 dan menandatangani pakta integritas. — iq/bd