Tahun 2022, Prestasi Madrasah Agar Lebih Ditingkatkan

Semarang – Madrasah kini sudah banyak menunjukkan eksistensi di tengah masyarakat. Hal ini tercermin dengan banyaknya prestasi yang sudah ditorehkan oleh madrasah. Kepala Kankemenag Kota Semarang, Mukhlis Abdillah menyampaikan hal ini ketika memberikan amanat upacara penghormatan bendera dan doa yang digelar pada Jumat (17/12/2021) di halaman Kemenag Kota Semarang.

Mukhlis mengatakan, tahun 2022 harus bisa memberikan semangat baru bagi jajaran madrasah di Kota Semarang, baik negeri maupun swasta. “Kita sudah banyak mendapatkan prestasi. Baik tingkat lokal, regional hingga nasional, bahkan internasional. Tahun 2022, kita harus bisa meningkatkan lagi raihan prestasi itu,” tutur Mukhlis pada upacara yang juga dihadiri oleh Kepala Madrasah Negeri di Kota Semarang.

Upaya peningkatan raihan prestasi tersebut tak lain bertujuan untuk lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat kota Semarang kepada madrasah. Apalagi di kota besar seperti Kota Semarang, madrasah harus bisa berunjuk gigi dari lembaga pendidikan formal lainnya.

Menurut Mukhlis, madrasah memiliki keunggulan tersendiri, yaitu pendidikan karakter plus. “Di madrasah semua mata pelajaran ada, terlebih ata pelajaran agama yang dipelajari lebih mendalam. Ini merupakan keunggulan madrasah yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat terkait pendidikan karakter siswa,” ujar Mukhlis.

Oleh karena itu, Mukhlis meminta jajaran madrasah agar segera membuat rencana-rencana tahun depan agar madrasah lebih bergeliat. “Mari kita mulai membuat rencana-rencana ke depan untuk lebih meningkatkan daya tawar kita kepada masyarakat. Yaitu dengan lebih sering berprestasi. Madrasah sudah sukses pada tahun 2021, dan semoga akan lebih sukses lagi pada tahun 2022,” sambung Mukhlis.

Upacara ini diadakan dalam rangka penghormatan bendera setiap tanggal 17. Hadir sebagai peserta upacara yaitu segenap pegawai Kemenag Kota Semarang, Kepala Madrasah Negeri se-Kota Semarang, Kepala KUA se-Kota Semarang, penyuluh Agama, dan Pengawas madrasah/PAI. — iq/bd