Tasurdin untuk Efektivitas dan Efisiensi Tata Persuratan

Semarang– Seksi PHU Kemenag Kota Semarang menggelar Sosialisasi Tasurdin (Tata Persuratan Dinas) Elektronik di aula Gedung PLHUT Kankemenag Kota Semarang, Rabu (22/12).

Kegiatan ini diikuti oleh pejabat struktural dan perwakilan staf pada masing-masing unit kerja di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.Kepala Kankemenag Kota Semarang, Mukhlis Abdillah dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini adalah sosialisasi terkait pengelolaan tasurdin secara elektronik yang nantinya tasurdin dapat diakses oleh siapapun.

Melalui sosialisasi ini Mukhlis berharap agar aplikasi ini segera bisa digunakan oleh masing-masing pegawai dan unit kerja.“Jangan etok-etok faham, kalau kurang jelas segera tanyakan supaya aplikasi ini segera bisa diaplikasikan,” pesan Mukhlis kepada peserta kegiatan.

Mukhlis juga menghimbau agar aplikasi ini dapat dikembangkan oleh masing-masing unit kerja, sehingga muncul inovasi-inovasi layanan sebagaimana tujuan pembangunan reformasi birokrasi melalui zona integritas guna perbaikan pelayanan kepada masyarakat.

Disampaikan oleh Sumari selaku Kasi PHU Kankemenag Kota Semarang, aplikasi tasurdin Kanwil Kemenag Provinsi Jateng ini telah dilaunching dan disaksikan langsung oleh Sekjen Kemenag RI beberapa waktu yang lalu.

Aplikasi tasurdin ini adalah aplikasi SSO (Sigle Sing-On) yaitu aplikasi yang didesain sebagai aplikasi induk yang terintegrasi dengan beberapa aplikasi lainnya, sehingga diharapkan memudahkan dalam mengakses informasi atau data bagi penggunanya. “Pengguna cukup mengklik 1 aplikasi untuk mengakses aplikasi lainnya,” jelas Andys K selaku narasumber pada kegiatan sosialisasi ini.

Selain Andys K, hadir pula Azies K dan Nur Hardyanto perwakilan dari CV. ASSA untuk menjelaskan cara pengoperasionalan aplikasi dan fungsi aplikasi itu sendiri.Dipaparkan oleh Azies, aplikasi SSO ini memberikan kemudahan kepada pimpinan dalam melakukan koreksi dan pengecekan terhadap draft surat yang dibuat oleh stafnya, sehingga proses pembuatan surat dinas bisa lebih efektif dan efisien.

‘Pegawai bisa langsung mengirim draft surat kepada pimpinan kapan saja, dan pimpinan bisa langsung melakukan koreksi atau approval atas draft tersebut di mana saja dan kapan saja, karena aplikasi ini dapat diakses dengan mudah baik melalui hp, pc atau laptop,” terang Azies.

Dalam penutupannya Sumari menambahkan, aplikasi ini tak terbatas oleh jarak dan waktu, sehingga akan mempercepat proses layanan kepada masyarakat. — nova/bd