Tingkatkan Kompetensi, KKKRA Gelar Pembinaan

Semarang — Menindaklanjuti hasil kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru RA yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jateng pada Jum’at (10/12), Kelompok Kerja Kepala RA (KKKRA) Kecamatan Pedurungan mengadakan kegiatan pembinaan bagi Kepala RA se- Kecamatan Pedurungan, Sabtu (11/12) di RA An Nur Penggaron Kidul Semarang.

Kepala RA At -Thohiriyyah, Rahmawati yang telah mengikuti kegiatan tersebut, memberikan materi kepada rekan-rekan sejawatnya, dengan berbagi ilmu yang diperolehnya.

Yaitu pemanfataan media audio gerak dan lagu anak ceria (Gelaria) bagi anak-anak usia dini.Rahmawati mengatakan, kondisi pandemi memberikan tantangan tersendiri bagi tenaga pendidik untuk menentukan metode yang tepat dalam pembelajaran, utamanya bagi siswa usia dini.

Tenaga pendidik dituntut untuk responsif, adaptif dan kreatif dalam menghadapi situasi pandemi, sehingga sistem pendidikan tetap berjalan tanpa mengurangi kualitas dari pendidikan itu sendiri.Ahmad Bisyri selaku pengawas RA dan MI Kecamatan Pedurungan, Gayamsari dan Semarang Timur memberikan pembinaan dan pendampingan pada kegiatan tersebut.

Dijelaskan oleh Bisyri, mengingat masih dalam masa pandemi, kegiatan terbatas diikuti oleh Kepala RA se Kecamatan Pedurungan saja.”Karena masih pandemi, Kami belum berani mengumpulkan guru-guru RA se Kecamatan Pedurungan untuk kegiatan yang sifatnya tatap muka langsung, sementara baru diikuti Kepala-kepala RAnya saja,” tutur Bisyri.

Bertepatan dengan akhir pembelajaran semester gasal, Bisyri memberikan wejangan-wejangan kepada peserta kegiatan untuk berhati-hati dan teliti dalam pembuatan penilaian prestasi anak didiknya.

“Dalam membuat rapor, harus berhati-hati dalam memberikan penilaian, jangan sampai ada yang keliru dalam penulisannya, sehingga dalam rapor siswa tidak ditemukan koreksi penulisan atau tipex, gunakanlah pula bahasa yang tepat, yaitu bahasa yang efektif dan efisien sehingga mengena baik bsgi anak didik maupun wali murid,” pesan Bisyri.

Pada kegiatan ini para peserta kegiatan praktekkan Gelaria secara bersama-sama.–bisyri/iq/bd