7 Guru MI Cokroaminoto Sijeruk  Vaksin Covid-19 Dosis Lanjutan

Banjarnegara – Kepala Madrasah dan Guru Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto (MIC) Sijeruk Kecamatan Banjarmangu mengikuti vaksin covid-19 dosis lanjutan pada hari Kamis,( 27/1)

Kegiatan vaksin dosis lanjutan (Booster) ini dilaksanakan atas dasar surat dari Dinas Kesehatan Nomor 440/035/Kes/2022 tentang alokasi vaksin covid-19 dan menindaklanjuti surat edaran Kemenkes RI Nomor 02.02/II/252/2022 tentang vaksinasi dosis lanjutan, maka guna percepatan vaksin ini dengan gerak cepat Puskemas Banjarmangu 2 segera memberitahukan kepada MI Cokroaminoto Sijeruk untuk dapat mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam undangannya pada pelaksanaan vaksin ini tertuju kepada kepala desa berserta perangkat, kader dan juga kepada kepala sekolah/madrasah berserta guru dan tenaga kependidikan. Dan 7 guru MI Cokroaminoto Sijeruk mengikuti dengan semangat tapi 2 guru lainnya belum ikut vaksin karena dalam keadaan kurang memenuhi syarat.

Alur vaksinasi lanjutan ini sama seperti vaksin dosis 1 dan 2 yaitu dimulai dari pendaftaran melalui pencatatan identitas, NIK dan lainnya. Selanjutnya pengecekan tensi dan suhu badan, kemudian skrining dengan cara ditanyai mengenai riwayat efek vaksin dosis satu dan dua, penyakit, dan lainnya. Setelah itu baru dilaksanakan vaksin .

Kepala Madrasah, Cholid Isnawan mengatakan bahwa kegiatan vaksin lanjutan ini merupakan kewajiban warga madrasah untuk mematuhi program pemerintah yaitu melaksanakan vaksinasi dosis lanjutan sebagai pelayan masyarakat pada bidang pendidikan.

“Kami mendapatkan pemberitahuan satu hari sebelum pelakasanaan. Dan alhamdulillah hampir semua guru dengan sadar mengikuti kegiatan vaksinasi lanjutan ini, kita semua berharap dengan vaksin lanjutan booster ini dapat menambah kekebalan komunitas khusunya di MI Cokroaminoto Sijeruk,” terangnya.

Harno, Kapolsek Banjarmangu yang terus mendampingi pelaksanaan vaksinasi lanjutan ini menyampaikan motifasi dan rasa terima kasihnya kepada semua guru MI Cokroaminoto Sijeruk.

“Saya secara pribadi sangat bangga dengan teman-teman guru MI Cokroaminoto Sijeruk yang dengan cepat, tanggap melaksanakan vaksin lanjutan ini, semoga semua guru tetap diberi kesehatan oleh Alloh SWT,” ujarnya.

Disela-sela pendampingannya, Kapolsek Banjarmangu ini selalu mencatat perkembangan jumlah orang yang divaksin dan juga mengingatkan bahwa siswa yang kemarin belum ikut vaksin karena kurang sehat untuk selalu dipantau kesehatannya serta diantar untuk melaksanakan vaksin.

Puskesmas Banjarmangu 2 berkewajiban untuk melaksanakan program vaksinasi lanjutan booster ini dengan sasaran pertama adalah pelayan masyarakat, dan MI Cokroaminoto Sijeruk sebagai pelayanan masyarakat bidang pendidikan turut serta mensukseskan kegiatan tersebut. (cho/ak/rf)