Dongkrak Profesionalitas GPAI melalui Lomba Gupres PAI

Semarang — Guna mendongkrak profesionalitas guru PAI, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang tiap tahunnya punya hajat yang sangat penting yaitu Lomba Guru Berprestasi (Gupres) bagi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI).


Lomba ini diselenggarakan berdasarkan surat edaran lomba Gupres PAI nomor : 14/MGMP-PAI-SMK/XI/2021. Lomba ini menyeleksi dokumen portofolio dari tingkat kecamatan kemudian seleksi tingkat kota yang diambil 6 besar untuk mendiseminasikan hasil karya ilmiah. Kemudian dinilai untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3.


Adapun pelaksanaan final lomba yaitu pada 7 Desember 2021 di aula Kantor Kemenag Kota Semarang. 6 besar lomba Gupres PAI mendesiminasikan hasil Karya Ilmiahnya. Para peserta dengan penuh semangat satu persatu bergantian presentasi di depan dewan juri. Dewan juri pun dengan hangat dan humornya memberi tanggapan dan menilai peserta lomba Gupres PAI.


“Lomba Gupres PAI sifatnya wajib bagi Guru PAI tiap jenjang dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK,” Faojin dalam Pembinaan Guru PAI Kecamatan Pedurungan secara daring.
“Lomba Gupres PAI sangat penting karena sebagai upaya untuk memotivasi dan mendorong Guru PAI dalam mengawal pendidikan di masa pandemi covid-19 agar tidak terjadi penurunan kualitas pembelajaran (Loss Learning) PAI,” sambungnya.


Pengawas PAI Sadi menjelaskan, lomba Gupres PAI mampu mendongkrak profesional seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini tentunya guru PAI dituntut untuk berinovasi dan berkreasi dalam pembelajaran agar bisa mengikuti lomba tersebut.


Pengumuman lomba gupres ini diadakan pada Senin (3/1/2022) usai pelaksanaan upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama RI tingkat Kota Semarang.


Berikut Hasil Lomba Gupres PAI Kemenag Kota Semarang tahun 2021 pada jenjang TK yaitu juara 1 Ratna Suryani, S.Pd.M.Pd., Juara 2 Tri Maningsih, S.Pd., dan juara 3 Murtini, S.Sos.I. Pada jenjang SD yaitu juara 1 Abdullah Faqih, M.Pd., juara 2 Siti Rosidah, M.Pd., juara 3 Mukhammad Rokhimin, S.Pd.I. Pada jenjang SMP yaitu juara 1 Siti Khodijatus Sholihah, S.Pd.I., juara 2 Dra. Isnaena Zaenab Karniati, M.Pd., juara 3 Siti Suaidah, S.Ag. Pada jenjang SMA yiatu Fitriyah, S.Pd.I, M.Pd., juara 2 Hadi Siswanto, S.Ag, M.Pd., juara 3 Nanang Qosim, S.Pd.I., M.Pd. Pada jenjang SMK yaitu juara 1 Winardi Effendy, S.Ag., juara 2 Agus Munif, S.Ag., dan Juara 3 Amaliah Hengkebohang, S.Pd.I.

(M. Rokhimin, S.Pd.I dari GPAI SDN Tlogosari Wetan 01/bd)