GPAI Kemenag Kota Semarang Dihimbau Menjadi Agen Moderasi Beragama

Semarang–Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) SD Kota Semarang adakan kegiatan pembinaan oleh Kepala Kankemenag Kota Semarang, Rabu (12/1) di SDN Sendangguwo 01 Tembalang Semarang.

Kegiatan KKG ini diikuti oleh seluruh pengurus KKG PAI SD kecamatan se Kota Semarang.
Mukhlis Abdillah Kepala Kankemenag Kota Semarang, dalam pembinaannya menghimbau kepada Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) untuk menjadi agen moderasi beragama. “GPAI diharapkan mengajarkan Islam yang ramah, moderat dan jauh dari radikal dan intoleran,” tutur Mukhlis.

Guru merupakan sosok yang disegani oleh anak didiknya, oleh karenanya GPAI diharapkan tidak hanya memberikan pembelajaran tentang Islam kepada siswa-siswinya, tetapi juga mampu menjadi contoh implementasi muslim yang moderat. “GPAI harus bisa menjadi prototipe Islam moderat,” imbuh Mukhlis.

“Siswa harus difahamkan bahwa Indonesia bukanlah negara Islam, sekalipun mayoritas penduduknya beragama Islam. Ada hak pemeluk agama lain yang perlu diperhatikan, sehingga pada saat Kita menjalankan ibadah harus tetap mengedepankan toleransi antar umat beragama, karena hal ini diatur dalam undang-undang,” tutur Sadi, pengawas pendidikan Agama Islam yang turut hadir pada kegiatan KKG PAI SD ini.(Sadi/Nng/NBA/bd)