Kenalkan Tari Geol Denok Melalui Apresiasi Seni Satradhira

Banjarnegara – Sabtu (29/1/22) MTs N 1 Banjarnegara mengadakan Apresiasi Seni Satradhirsa (ASS) atau biasa disebut Pagelaran Seni. Apresiasi Seni Satradhirsa diadakan selama satu hari yang diadakan di Outdor MTs N 1 Banjarnegara. Pada hari pertama acara Apresiasi Seni Satradhirsa diadakan tiga lomba tingkat SMP/MTs khususnya kelas 9 yaitu Lomba Menggambar, Tari Kreasi, Vokal ataupun Band.

Sebelum memulai kegiatan Pagelaran Seni, kegiatan diawali dengan sambutan dari Ikhsanudin selaku waka kesiswaan MTs N 1 Banjarnegara. Setelah pembukaan selesai acara dilanjutkan dengan lomba menggambar yang diikuti oleh seluruh kelas 9, lomba Vokal yang diikuti oleh 6 peserta, lomba Tari Kreasi yang diikuti oleh 15 peserta.

Setelah itu, ada penampilan khusus dari perwakilan ekstrakulikuler tari MTs N 1 Banjarnegara yaitu Andini Dwi Lestari dari kelas 9F, yang membawakan Tari Geol Denok.

“Kita latihan sekitar 3 bulan gitu, tapi yang bener-bener serius menyiapkan Tari Geol Denok baru 1 minggu sebelum acara,” ujarnya.

Dwi juga sempat mengalami kesulitan dalam menyiapkan penampilan seni tari bersama teman-teman kelasnya.

“Sewaktu menentukan tema apa yang akan dibawakan, karena adanya perbedaaan pendapat antar anggota. Namun, hal itu tidak sia-sia karena kami mampu menampilkan penampilan terbaik dan terbukti dengan tepuk tangan yang meriah dari para penonton,” tambahnya.

Ikhsanudin mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai sarana belajar untuk melestarikan budaya bangsa, salah satu contohnya dengan tetap menampilkan tari daerah.

“Selain menghibur, kita jadi dapat banyak wawasan tentang seni dan budaya Indonesia di sini,” tutup Ikhsan (ran/ak/rf)