Khotbah Jumat, Mukhlis Sampaikan Kabar Gembira bagi Orang-Orang yang Sabar

Semarang–Mukhlis Abdillah Kepala Kankemenag Kota Semarang berkesempatan memberikan khotbah jumat di Masjid Baitu Al Muslimin Perum Greewood Kelurahan Sadeng Kecamatan Gunungpati Kota Semarang pada Jumat (21/1).

Tema khotbah yang diusung Mukhlis adalah tentang sikap sabar seorang muslim dalam menghadapi musibah.
Melalui khotbahnya, Mukhlis mengajak kepada jamaah sholat jumat untuk berprasangka baik kepada Allah, dimana kondisi pandemi Covid-19 membawa dampak perburukan salah satunya pada kondisi ekonomi. “Kondisi ini harus disikapi dengan rasa syukur, sebagai orang yang beriman dan bertakwa, musibah ini harus kita terima sebagai bagian dari ujian yang Allah berikan kepada hambaNya yang dicintaiNya,” tutur Mukhlis.

Mukhlis menjelaskan mengenai surat Al Baqarah ayat 155. “Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,” jelas Mukhlis.
“Dalam ayat ini, sabar menjadi perisai dan senjata orang-orang yang beriman dalam menghadapi beban hidup dan tantangan hidup, sehingga tidak ada rasa takut, karena semua dipandangnya sebagai ujian dari Allah untuk menguji hambaNya yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT,” imbuh Mukhlis.

Dilanjutkannya dengan penjelasan ayat 156 mengenai siapa saja yang termasuk golongan orang-orang yang bersabar. “Orang-orang yang bersabar yaitu orang-orang yang jika tertimpa musibah maka akan berkata semua datangnya dari Allah dan akan kembali kepada Allah. Musibah adalah ujian dan wujud cinta Allah kepada hamba-hambaNya yang Dia inginkan,” terang Mukhlis.

Tantowi Jauhari, salah satu takmir Masjid Baitu Al Muslimin, mengucapkan terima kasih Kepala Mukhlis yang sudah berkenan memberikan khotbah jumatnya.
“Khotbah yang disampaikan sangat mengena, mengingatkan Kita bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini, tidak satupun yang bukan karena kehendakNya. Bagaimana seorang muslim menyikapinya, akan menunjukkan tingkat keimanan dan ketakwaan seseorang,” ujar Tantowi.

Senada dengan yang disampaikan Mukhlis, Tantowi juga mengajak kepada jamaahnya untuk selalu bersyukur dan bersabar dalam menerima segala musibah. “Sudah selayaknya sebagai seorang muslim Kita harus tetap bersyukur atas segala nikmat dan bersabar atas musibah yang Allah berikan kepada Kita, itu pertanda Allah cinta kepada Kita,” pesan Tantowi.

Ditambahkan olehnya bahwa seorang muslim harus yakin bahwa janji Allah adalah benar. “Yakinlah bahwa ada kabar gembira bagi orang-orang yang bersabar,” pungkas Tantowi.(Nunung/NBA/bd)