Menuju ZI, Iringi Usaha dengan Doa dan Tawakal

Semarang–Berdasarkan SE Sekjen Menag Nomor 01 Tahun 2022, ASN di lingkungan Kemenag diwajibkan melaksanakan apel pagi setiap hari Senin. Demikian pulalah apel pagi yang digelar di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Semarang pada Senin (31/1) yang diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Kankemenag Kota Semarang yang bertugas di kantor kota, penyuluh agama serta pengawas PAI dan pendidikan madrasah.┬áIkut pula pegawai non ASN dan siswa serta mahasiswa yang sedang melaksanakan kerja praktek di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.

Apel pagi bersama dipenghujung bulan Januari 2022 ini bertepatan dengan berakhirnya masa bakti KH. Samhudi, Pengawas Pendidikan Madrasah pada Kankemenag Kota Semarang.
Ia berpamitan kepada rekan-rekan kerjanya melalui kesempatan yang diberikan kepadanya pada acara apel pagi tersebut. Ia mengucapkan terima kasih atas bimbingan, dukungan dan kerja sama dari keluarga Kankemenag Kota Semarang, tak lupa pula Ia sampaikan permohonan maaf apabila ada sikap maupun tutur katanya yang kurang berkenan selama menjalankan tugas di Kankemenag Kota Semarang.
Pada kesempatan ini, KH. Samhudi menyampaikan pesan agar pegawai Kemenag Kota Semarang selalu semangat dan melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugas kedinasan sehari-hari. “Lakukan yang terbaik semampu Kita, dan jangan lupa iringi dengan doa agar selalu diberikan kemudahan oleh Allah,” pesan KH. Samhudi.

Pada kesempatan ini pula, ASN yang pernah menjabat sebagai Kasi PHU Kankemenag Kota Semarang ini, juga menyampaikan pesan agar ASN Kemenag Kota Semarang selalu bersabar. “Tugas kita ikhtiar dan berdoa, setelah itu harus dipungkasi dengan sabar dan tawakal. Saya contohkan, Saya berdoa supaya bisa menunaikan ibadah haji dari waktu saya masih duduk di bangku SMP, tapi Allah baru mengabulkannya saat Saya sudah memiliki anak 5, tapi tetap Saya syukuri. Kita harus selalu berbaik sangka kepadaNya, Allah memberikan yang terbaik untuk Kita, oleh karenanya tetap berusaha dan berdoa, yakinlah bahwa Allah akan mengabulkan doa Kita disaat yang terbaik menurutNya, dan jika itu memang baik untuk Kita menurutNya,” imbuh KH. Samhudi.

“Begitu pula dalam upaya pencanangan ZI pada Kankemenag Kota Semarang, tugas Kita adalah berusaha melakukan reformasi birokrasi yang lebih baik yaitu dengan melakukan perbaikan-perbaikan guna peningkatan layanan publik. Oleh karenanya tetap semangat untuk melakukan yang terbaik, dan terkait penilaian ZI kita berdoa dan tawakal kepada Allah,” pungkas Samhudi.

Mukhlis Abdillah selaku Kepala Kankemenag Kota Semarang memberikan apresiasinya kepada KH. Samhudi atas darma baktinya kepada Kankemenag Kota Semarang. Dalam sambutannya Mukhlis sampaikan agar KH. Samhudi tetap memberikan kiprahnya kepada masyarakat sekitar dengan tetap membawa nama baik Kemenag. “Saya yakin KH. Samhudi akan tetap memberikan manfaat untuk lingkungan sekitarnya, dan tak jauh-jauh dari tusi Kemenag dimana KH. Samhudi memimpin pondok pesantren dan madrasah dimana keduanya merupakan lembaga yang menjadi binaan Kankemenag Kota Semarang dalam upaya memberikan pelayanan pendidikan agama dan keagamaan Islam,” tutur Mukhlis.

“Semoga KH. Samhudi selalu diberikan kesehatan dan selalu dalam lindungan dan bimbingan Allah,” pungkas Mukhlis.
Pada momen ini, keluarga Kankemenag Kota Semarang memberikan tanda kasih kepada KH. Samhudi yang diserahkan oleh Kepala Kankemenag Kota Semarang.(NBA/bd)