Menyambut Baik Program Vaksinasi Covid 19, Siswa-Siswi MI Miftahul Ulum 01 dan 02 Melaksanakan Penuh Antusias

Petugas Kesehatan Puskesmas Rowosari melaksanakan pelayanan vaksinasi

Semarang- Vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun telah dilaksanakan di MI Miftahul Ulum 01 dan 02. Vaksinasi ini di ikuti oleh seluruh siswa-siswi mulai kelas 1 sampai kelas 6 Madrasah Ibtidaiyyah.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kusrin (Camat Tembalang), Sugeng (Kanit Tembalang), Mukti (Kepala Puskesmas Rowosari), Sandre (Kamtibmas Rowosari) dan beberapa petugas kesehatan dari Puskesmas Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang.

Kusrin selaku Camat Tembalang mengatakan bahwa akibat Covid 19 anak-anak sudah terkunci selama hampir 2 tahun dan terpaksa harus melaksanakan pembelajaran di rumah. Oleh karena itu pemerintah ingin agar segera terjadi pemulihan pembelajaran dengan dilaksanakannya pembelajaran tatap muka. Vaksinasi menjadi modal besar mempercepat pemulihan tersebut.

 “Mudah-mudahan kegiatan vaksinasi untuk anak usia 6 -11 tahun yang dilaksanakan hari ini di MI Miftahul Ulum 01 dan 02 dapat berjalan secara sinergi, berkelanjutan dan akan langsung lebih cepat dengan dibantu oleh semua pihak. Mudah-mudahan dengan melakukan vaksinasi ini maka anak-anak lebih sehat dan bisa lebih terjamin untuk tidak terkena infeksi Covid 19 ketika mereka melakukan proses belajar mengajar di madrasah secara langsung,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Rowosari Mukti mengatakan dengan diberikannya vaksinasi kepada anak usia 6 -11 tahun, diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir lagi terhadap kesehatan anak-anak saat melaksanakan pembelajaran tatap muka. “Kegiatan vaksinasi ini merupakan jawaban kepada masyarakat, agar para orang tua tidak ragu lagi dan menjadi lebih semangat memberikan izin putra-putrinya untuk bisa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas,”5/1/2022 kata Mukti.

 “Ini adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh anak agar bisa menghindarkan anak-anak kita dari terpapar virus corona, di manapun mereka berada,” ujarnya.

Selaku Kepala Madrasah, Muhamad Jamil juga menyampaikan PTM ini merupakan upaya dan solusi mencegah anak-anak kita mengalami ketertinggalan pembelajaran akibat pandemi. Karena madrasah merupakan tempat memberikan pembelajaran, baik akademik maupun karakter untuk anak-anak. Oleh karenanya kita semua harus memberikan dukungan terhadap program vaksinasi untuk anak, agar semua bisa memiliki ketenangan yang sama khususnya para orang tua dalam mengizinkan anak-anaknya untuk belajar tatap muka.

Realisasi pelaksanaan vaksinasi tahap 1 untuk anak usia 6 – 11 tahun yang dilaksanakan di MI Miftahul Ulum 01 dan 02 di mulai pukul 08.00 WIB dan selesai pada siang hari sekitar pukul 12.00 WIB. Seluruh proses pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan baik dan lancar tanpa banyak kendala. Bagi siswa – siswi yang belum bisa mengikuti vaksinasi pada hari ini dapat melaksanakan vaksinasi di puskesmas Rowosari pada hari yang lain.

Wajah senang tanpa rasa takut tampak pada siswa – siswi yang telah mengikuti kegiatan vaksinasi pada hari ini. “ Saya senang sudah di vaksin supaya sehat terus, “ kata Faris Ahnaf siswa kelas 5 MI Miftahul Ulum 01. “Saya senang dan tidak takut di vaksin agar tidak terkena covid 19, “ kata Zelda siswi kelas 6 MI Miftahul Ulum 01.

Bagi siswa – siswi yang telah melaksanakan tindakan vaksin dosis 1 pada hari ini, selanjutnya akan diberikan dosis 2 pada tanggal 2 Februari 2021. Di harapkan pelaksanaan vaksinasi tahap 2 nanti bisa berjalan lebih baik dan lancar tanpa kendala apapun.

 (Muhammad Dawam, skr/bd)