Pemeliharaan Peralatan dan Mesin Bukan Hanya Sekedar Rutinitas

Semarang–Pemeliharaan peralatan dan mesin merupakan suatu aktivitas dengan tujuan untuk menjaga agar peralatan dan mesin selalu dalam kondisi baik. Meskipun kegiatan ini merupakan rutinitas, tetapi tidak boleh diabaikan. “Tujuan pemeliharaan peralatan dan mesin adalah guna menambah usia pemanfaatan dari peralatan dan mesin itu sendiri, mengingat alokasi belanja modal terkait peralatan dan mesin di tempat Kita sangat minim bahkan terkadang tidak ada, sehingga Kita harus memaksimalkan penggunaan peralatan dan mesin yang ada,” tutur Rachmad Pamudji, Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Kota Semarang yang disampaikannya kepada stafnya pada Jumat (21/1), di ruang kerjanya.

Sebagaimana yang diperintahkannya hari ini kepada pengelola BMN untuk melakukan pendampingan terkait pekerjaan servis beberapa AC yang bermasalah di Kankemenag Kota Semarang, Jumat (21/1). Pemeliharaan dimaksud diantaranya pada ruang kepegawaian dan arsip.

Mekanik menyampaikan permasalahan pada 2 unit AC pada ruang tersebut, dan solusinya adalah penggantian spare part dan penggantian outdor AC.
Kegiatan pemeliharaan peralatan mesin harus selalu dalam pengawasan pengelola BMN guna dilakukan evaluasi, mengingat perlu dilihatnya tingkat keefektivan dan keefisiensian nilai pemeliharaan peralatan dan mesin tersebut.

“Jika ternyata nilai pemeliharaannya melebihi nilai ekomis suatu peralatan dan mesin, tentu tidak selayaknya masih terus dipelihara, perlu dilakukan permintaan untuk penghapusan saja,” terang Mukhlis selaku pengelola BMN. (Mukhlis/NBA/bd)