Penampilan Menggambarkan Citra Diri ASN

Semarang—Mukhlis Abdillah, Kepala Kankemenag Kota Semarang ingatkan kepada pegawainya untuk selalu bernampilan sempurna. Hal ini disampaikannya pada kegiatan Upacara Penghormatan Bendera Merah Putih dan Doa, Senin (17/1) di halaman Kankemenag Kota Semarang.

“Sebagai ASN kita harus bangga dan percaya diri, oleh karenanya Kita harus berpenampilan yang sopan dan rapi,” pesan Mukhlis.

Mukhlis sampaikan bahwa ASN Kankemenag Kota Semarang harus memantaskan diri bahwa layak disebut sebagai abdi negara dan pelayanan masyarakat yang selalu berpenampilan prima. “Berpenampilanlah yang baik, sehingga masyarakat mempercayai Kita, sebagaimana pepatah bahasa jawa ajining ati ono ing lathi, ajining raga ono ing busana,” tutur Mukhlis.

Menurut Mukhlis, penampilan seseorang menggambarkan karakter dan kepribadiannya, untuk itu ASN dituntut untuk berpenampilan yang layak untuk dikatakan sebagai seseorang yang memiliki integritas dan profesionalitas dalam bekerja. “Jika pakaiannya lusuh, sepatunya kotor tentu akan menimbulkan citra yang kurang baik, maka berpakaianlah yang rapi dan bersih sehingga Kitapun dinilai baik oleh orang lain, karena kesan pertama adalah dari tampilan,” ucap Mukhlis.

Penampilan yang baik diperlukan agar memberikan kesan positif, kerena melalui penampilan mencerminkan jati diri seseorang. Selain itu penampilan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Terkait dengan pelayanan, apabila tampilan seseorang menarik maka akan memberikan rasa nyaman kepada penerima layanan dalam hal ini masyarakat.

Tak kalah pentingnya Mukhlis juga mengingatkan kepada ASN Kankemenag Kota Semarang untuk mengenakan atribut kedinasan secara lengkap.–NBA/bd