Pertemuan Perdana Tahun 2022 KKG PAI Kecamatan Gayamsari

Semarang- Rabu (19/1), Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kecamatan Gayamsari melaksanakan kegiatan pertemuan rutin. Kegiatan KKG pada bulan Januari 2022 ini dilaksanakan di SDN Sambirejo 01 Kecamatan Gayamsari Kota Semarang, yang dihadiri oleh Koorsatpen dan Pengawas PAI Kecamatan Gayamsari, Ketua KKG Kota Semarang beserta seluruh GPAI dan Budi Pekerti SD Negeri maupun Swasta diwilayah Gayamsari

Kegiatan ini merupakan kegiatan KKG perdana di semester II pada TP 2021/2022 dimana agenda KKG kali ini untuk melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran di semester II sebagaimana yang disampaikan Ketua KKG PAI Gayamsari, Abdullah Riyadi dalam sambutannya. “Untuk mempersiapkan program yang akan dilaksanakan pada semseter II ini, GPAI harus bersinergi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi peserta didik,” tutur Abdullah.

Selain itu Abdullah juga mengimbau kepada KKG Kecamatan Gayamsari untuk mempersiapkan agenda kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu dekat yaitu Lomba MAPSI dimana pelaksanaannya direncanakan pada 23 Februari mendatang untuk tingkat kecamatan. Selain itu Abdullah juga mengajak GPAI untuk menyusun kisi-kisi soal untuk ujian dan dan ulangan semester genap. Menambahkan apa yang disampaikan oleh Ketua KKG PAI Gayamsari, perwakilan Koorsatpen Gayamsari Heny Titik Lestari, menyampaikan agar GPAI ikut berperan aktif dalam mencerdarkan generasi penerus bangsa. “GPAI harus ikut berperan aktif dalam mencerdaskan generasi bangsa, untuk itu GPAI harus memiliki power semangat untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk peserta didiknya,” tutur Heny.

Heny juga menegaskan bahwa KKG adalah wadah untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi, baik kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional atas dasar keakraban, kebersamaan dan juga melaksanakan inovasi-inovasi dan kegiatan-kegiatan yang sifatnya untuk meningkatkan kompetensi GPAI itu sendiri dan juga prestasi siswa tentunya.

Faojin, selaku Pengawas GPAI Kecamatan Gayamsari dalam pembinaannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Koorsatpen Gayamsari atas kerja sama dan supportnya dalam upaya mendorong GPAI untuk meningkatkan kompetensi kependidikannya. Tak lupa Faojin juga mengingatkan GPAI terkait kesiapan pembuatan kisi-kisi, soal ulangan dan ujian akhir semester genap. “Persiapkan dengan baik, lebih-lebih saat ini guru agama harus melek IT,” pesan Faojin.

Selain itu, Faojin juga menekankan bahwa ada 3 ranah orientasi Ujian praktik PAI di sekolah yaitu Assessment Of Learning, Assessment For Learning dan Assessment As Learning, dan GPAI harus mengetahui dan memahami ketiga orientasi tersebut.
(Ali Anwar/Faojin/NBA/bd)