PMR MTs Negeri 1 BanjarnegaraCetak Remaja Mumpuni

Banjarnegara – Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) sebagai salah satu ekstrakurikuler yang bergerak dibidang kepalangmerahan berfungsi sebagai wadah pembinaan anggota remaja dengan tujuan membangun dan mengembangkan karakter anggota PMR yang berpedoman pada tribakti PMR dan prinsip kepalangmerahan untuk menjadi relawan masa depan.

Sejalan dengan tujuan itu, PMR MTs Negeri 1 Banjarnegara pada Rabu, 19 Januari 2022 melaksanakan kegiatan rutinnya dengan materi Perawatan Rumah Tangga sesuai dengan jadwal materi untuk bulan Januari.

Erma Ratnaningrum sebagai pembina ekstrakurikuler menyampaikan bahwa materi ini terlihat sederhana tapi sesungguhnya banyak remaja yang kurang peduli dengan hal-hal sederhana di rumah mereka.

“Materi perawatan rumah tangga ini mengajak remaja, khususnya anggota PMR untuk menjadi remaja yang peduli pada hal-hal sederhana. Mau merapikan tempat tidurnya sendiri, itu adalah manfaat besar dari sebuah tindakan kecil,” ungkapnya.

PMR MTs Negeri 1 Banjarnegara juga menghadirkan Tujono yang dalam kesehariannya bekerja di BPBD sebagai pembina Ekstrakrikuler PMR dari luar. Menurut Tujono berkaitan dengan aspek kecerdasan sosial, salah satu sikap yang juga dapat terbentuk adalah berupa kepedulian sosial yang muncul dalam kegiatan ekstrakurikuler yang nantinya akan memberikan kontribusi penting dalam memupuk kesadaran nasional.

“Ekstrakurikuler PMR ini secara tidak langsung juga mengajak remaja untuk meningkatkan kepedulian sosialnya. Dalam setiap materi yang diberikan anggota PMR dilatih untuk saling bekerja sama dan saling menolong. Hal ini penting dilakukan agar remaja khususnya remaja MTs Negeri 1 Banjarnegara terbiasa saling peduli dan tidak acuh pada sekitar,” tegasnya.

Sementara menurut Dayeera Afaurell Jasmine, salah satu anggota PMR dari kelas Riset mengutarakan ketertarikannya pada ekstraturikuler ini. “Saya mendapatkan banyak hal yang sangat dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya hari ini, mengganti sprei jika ada pasien di atasnya. Saya jadi tau bagaimana urutan-urutan yang benar dan tentu saya jadi bisa bantu bunda nantinya di rumah,” ucapnya bersemangat. (lin/ak/rf)