Rakor Tingkatkan Kinerja KUA

Semarang–Guna meningkatkan koordinasi antara KUA, Penyuluh Agama Islam dan PPL, Kepala KUA Kecamatan Mijen menggelar rapat koordinasi pada Senin (31/1) di KUA Kecamatan Mijen Kota Semarang.

Rapat Kordinasi ini dihadiri oleh Kepala dan pegawai KUA, penyuluh agama Islam PNS dan non PNS, mahasiswa PPL dari UIN Walisongo Semarang, serta pelajar SMK 3 Kendal yang melaksanakan kerja praktik di KUA Kecamatan Mijen Kota Semarang.

Dalam rakor tersebut dibahas tentang evaluasi dan langkah/strategi KUA Kecamatan Mijen di tahun 2022 dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Azmi Ahsan, Kepala KUA Kecamatan Mijen menyampaikan pentingnya pembagian tugas/job description, kerena dengan pembagian tugas tersebut diharapkan dapat mempermudah dan memperlancar kinerja masing-masing unsur yang ada di KUA Kecamatan Mijen.

Evaluasi kedisiplinan dan kekompakan juga menjadi agenda dalam rakor tersebut. “Sangat penting menjaga kedisiplinan, kebersamaan dan kekompakan dalam bekerja, karena dengan menerapkan kedisiplinan dapat meningkatkan kinerja dan kualitas hasil kerja,” tutur Azmi.

Azmi juga menambahkan bahwa melalui kegiatan rakor, tidak hanya berfungsi membahas terkait pekerjaan, tetapi juga menjadi ajang silaturahmi  dan menjaga kekompakan antar unsur yang ada di KUA, sehingga dalam menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat dapat berjalan dengan baik. “Untuk itulah sangat penting diadakan evaluasi dan koordinasi yang dilaksanakan secara rutin, sekali di akhir bulan, Saya rasa cukup,” imbuh Azmi.

Senada dengan apa yang disampaikan Azmi,  Zahrotun Nisa selaku Penyuluh Agama Islam Kecamatan Mijen menyampaikan melalui rakor dapat mengingatkan tusi masing-masing. “Dengan rakor juga dapat mengingatkan kembali tugas dan fungsi serta tanggungjawab masing- masing. Rakor bukan wadah untuk mencari kesalahan orang lain, melainkan tempat saling mengevaluasi dan melakukan koreksi dalam rangka meningkatkan kinerja, serta mencari solusi tentang pokok permasalahan yang sedang terjadi,” ucap Nisa.

Besar harapan seluruh peserta rakor, dengan memulai saling berkoordinasi di awal tahun 2022 akan menjadikan kebaikan sehingga harapannya sepanjang tahun 2022 dilimpahi dengan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat.(Nisa/NBA/bd)