Siap Hadapi UTBK-SBMPTN 2022, MAN 2 Banjarnegara Adakan Simulasi Tryout

Banjarnegara – MAN 2 Banjarnegara mengadakan simulasi tryout Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) Selasa (18/1). Kegiatan tersebut dilaksanakan di laboratorium komputer MAN 2 Banjarnegara dan diikuti oleh seluruh siswa kelas XII MAN 2 Banjarnegara, kecuali jurusan keterampilan Operator Komputer dan Tata Busana karena sedang melaksanakan Prakter Kerja Lapangan (PKL). Mereka akan melaksanakan simulasi susulan setelah PKL. Simulasi tryout UTBK-SBMPTN terbagi menjadi lima sesi mulai dari pukul 08.00 – 14.15 di empat ruang laboratorium yang dimiliki MAN 2 Banjarnegara.

Sebagai madrsahnya para juara, MAN 2 Banjarnegara mencetak generasi penerus bangsa yang bermental juara dan siap menghadapi tantangan masa depan. Dengan demikian, antusiasme peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sangat besar.

“Simulasi tryout ini semoga menjadikan peserta didik lebih siap mengikuti ujian masuk perguruan tinggi, sehingga lebih banyak lagi siswa kita yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur tes,” harap Ridlo Pramono selaku Kepala Madrasah.

Natir selaku Wakil Kepala Bidang Akademik menyampaikan tujuan dari kegiatan ini. “Simulasi tryout UTBK-SBMPTN ini tujuannya untuk memastikan akun siswa bisa digunakan dan dapat login, pengisian profil siswa dan simulasi pengerjaan tryout.”

UTBK SBMPTN merupakan jalur nasional penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri yang diadakan oleh pemerintah secara serentak. Peserta didik MAN 2 Banjarnegara berharap nantinya banyak yang lolos ujian ini karena banyak manfaat yang bisa didapatkan. Selain rasa bangga karena dapat masuk perguruan tinggi negeri melaui jalur tes nasional, siswa yang lolos dapat juga menghemat biaya pendidikan. Biaya kuliah bisa lebih terjangkau karena mendapatkan subsidi dari pemerintah.

 “Alhamdulillah simulasi tryout UTBK-SBMPTN berjalan lancar, yang penting koneksi internet lancar,” ungkap Uswatun Hasanah salah satu guru dan operator MAN 2 Banjarnegara setelah selesai pelaksanaan simulasi tryout. (fn/ak/rf)