Sinergi Kabupaten/Kota Penting untuk Peningkatan Layanan Haji

Mungkid – Sinergi antar Kantor Kemenag Kabupaten/Kota terkait pelayanan haji dan umroh sangat penting agar masyarakat menerima informasi yang utuh, tidak simpang siur terkait dengan haji dan umroh. Rapat koordinasi Kasi Penyelenggaraan Haji se-Eks Karesinen Kedu diharapkan dapat menjembatani berbagai persoalan sekitar pelayanan haji antar kabupaten/kota sehingga pelayanan kepada masyarakat, khususnya terkait layanan haji dan umroh menjadi semakin baik.

Demikian diungkap Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kankemenag Kab. Magelang, Khamim Setiawan, usai mengikuti Rapat Koordinasi Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh se-Eks Karesidenan Kedu, di RM Kebon Tebu, Kota Magelang, Kamis, (20/01/2022).

“Potensi wilayah Karesidenan Kedu yang mempunyai kesamaan geografis, dan kultur budaya dengan batas wilayah yang tidak terlihat menyebabkan pertukaran informasi berlangsung dengan cepat, sehingga dibutuhkan sinergi antara beberapa Kabupaten/Kota yang berbatasan agar informasi pelayanan haji tidak simpang siur,” kata Khamim.

“Melalui rapat koordinasi Kasi Haji se-Karesidenan Kedu tersebut, akan memudahkan dalam menjawab kebutuhan layanan dan informasi haji sesuai dengan peraturan dan juknis yang begitu dinamis, serta kondisi masyarakat. Dengan harapan dapat memberikan pelayanan yang baik, nyaman, tepat sesuai kebutuhan masyarakat,” paparnya.

Khamim menyampaikan, melalui rapat tersebut persoalan-persoalan yang muncul dalam rangka optimalisasi penggunaan, dan penyerapan anggaran-anggaran DIPA dapat dibahas bersama-sama sehingga meningkatkan kemampuan satker dalam menyerap anggaran.

Tidak kalah penting, bagaimana menyamakan persepsi antar Kabupaten/Kota dalam rangka membangun Zona Integritas perlu adanya langkah-langkah strategis sehingga setiap penyelenggaraan kegiatan dapat menumbuhkan semangat terciptanya Zona Integritas.

“Untuk tahun 2022 ini, kita akan melaksanakan pembangunan Gedung PLHUT untuk mewujudkan pelayanan yang efisien, serta terjaminnya keamanan, kenyamanan, dan kepercayaan masyarakat pendaftar haji di Kabupaten Magelang,” tambahnya.

“Untuk peningkatan layanan, kita sedang mengembangkan aplikasi yang memudahkan masyarakat mengakses pelayanan haji dan umroh di Kabupaten Magelang, yaitu Latar Kaji.  Dengan demikian masyarakat tidak harus hadir secara fisik untuk mendapatkan informasi terkait haji, tetapi cukup melalui gadget dari rumah masing-masing,” jelas Khamim.(m45k/Sua).