Sinergi Lintas Sektoral, PAIF Wanayasa Siap Promosikan Aplikasi Elsimil

Banjarnegara – Melaksanakan kegiatan lintas sektoral Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Wanayasa, Duwi Rohmah menghadiri Pertemuan lokakarya mini (lokmin) stunting di Kantor Keluarga Berencana kecamatan Wanayasa pada Selasa, (25/01/22).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkompincam Wanayasa, UPT Pukesmas Wanayasa 1 dan Pukesmas Wanayasa  2 , KUA Wanayasa, dengan narasumber Fatkhurrohman Kasi KIE/Advokasi Penggerakan serta Enep Supriatna Kabid Dalduk Dispermades Banjarnegara.

Dalam Peretemuan ini Enep Supriatna selaku Kabid Dalduk Dispermades menyampaikan tujuan lokmin. “Tujuan lokakarya mini ini untuk meminta dukungan lintas sektor dalam pencegahan dan penurunan stunting dan untuk mengetahui sejauh mana capaian setiap program,” jelasnya. 

Lebih lanjut beliau menyampaikan, calon pengantin (cantin) untuk membuka atau download aplikasi Elsimil, “Harapan kami Cantin untuk bisa daftar jauh-jauh hari, kalau bisa 3 bulan sebelum nikah. Dan cantin bisa download aplikasi Elsimi ( aplikasi elektronik siap nikah siap hamil) untuk di pelajari dan di baca, sehingga bisa menjaga kesehatan pernikahannya dari mulai kehamilan hinga persalinan,” imbuhnya.

Sementara itu saat sesi Diskusi Penyuluh Agama KUA Kecamatan Karangkobar Duwi Rohmah, menyampaikan kesiapan KUA untuk sukseskan program nasional ini, “Kami dari KUA, sangat mendukung dan siap bekerjasama sukseskan program nasional ini. Kami juga akan sampaikan pada cantin tentang aplikasi Elsimil. karena tugas dan fungsi KUA tidak hanya pencatatan pernikahan saja, ada pembinaan keluarga (Bimwin) juga, ” ujarnya

Dalam kegiatan ini, Duwi juga mempromosikan channel Youtube Pokajaluh Banjarnegara. “Selain melaksanakan penyuluhan pada majelis taklim, kelompok binaan, kami  penyuluh agama juga melakukan penyuluhan tentang stunting melalui film edukasi, ojo kawin bocah dan jamban sehat, pada channel Youtube Pokjaluh Banjarnegara. Nanti kami share link youtubenya, juga harapan kami nanti kita bisa bekerjasama dalam projek film edukasi selanjutnya,” lanjutnya.

“Kami meminta dukungan dari semua pihak dalam kegiatan ini. Harapannya dengan memperkuat sinergitas pencegahan dan percepatan penurunan Stunting ini bisa berhasil khususnya di kecamatan wanayasa,” pungkas Tri Nurul Azizah, Koordinator di BPKB Wanayasa (dr/ak/rf)