Siswa MI Cokroaminoto Sijeruk Semangat Ikuti Vaksin Covid-19 Dosis 1

Banjarnegara – Sebanyak 94 siswa Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto (MIC) Sijeruk mengikuti vaksin covid-19 dosis 1 di SD Sijeruk. Program vaksin ini dilaksanakan oleh Puskesmas Banjarmangu 2 pada hari Selasa (25/1)

Sasaran kegiatan vaksin ini adalah seluruh siswa MI Cokroaminoto Sijeruk, sebanyak 102 anak yang terdiri dari kelas 1 sampai dengan kelas 6, dan dalam pelaksanaanya hanya 94 siswa, satu anak sudah vaksin, dan 7 yang lainnya dalam keadaan kurang sehat.

Pelaksanaan vaksin covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun ini sesuai dengan jadwal yang dibuat oleh Puskesmas Banjarmangu 2 yang didahului dengan pelaksanaan sosialisasi kepada kepala madrasah.

Bidan Puskesmas Banjarmangu 2, Yuyun Naelufar pada saat sosialisasi mengatakan bahwa kegiatan vaksin harus tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal yaitu mendahulukan vaksin covid-19 pada siswa sebelum imunisasi DT dan TD.

“Dengan adanya upaya percepatan vaksin usia 6-11 tahun yang sasaran kegiatan vaksin  adalah seluruh siswa SD/MI maka pelaksanaannya kami berusaha mendekat ke salah satu sekolah/madrasah dimasing-masing desa dengan menerapkan protokol kesehatan baik petugas maupun sasarannya,” katanya.

Alur vaksin dimulai dari pendaftaran melalui pencatatan identitas, NIK siswa dan lainnya. Selanjutnya pengecekan tensi dan suhu badan, kemudian skrining dengan cara ditanyai mengenai riwayat alergi, penyakit, dan lainnya.

Baroah Uni Fitriyati, guru penanggung jawab UKS mengatakan bahwa kegiatan vaksin   yang diikuti seluruh siswa MIC Sijeruk merupakan bentuk komitmen madrasah untuk mematuhi program pemerintah yaitu Kementerian Kesehatan dan untuk memproteksi siswa dari Covid-19.

“Kami telah mensosialisasikan adanya vaksinasi kepada orang tua siswa. Alhamdulillah hampir semua siswa dapat mengikuti kegiatan dan vaksinasi berjalan dengan lancar, kita berharap dengan vaksin ini seluruh siswa MIC Sijeruk terhindar dari Covid-19 dan senantiasa sehat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Madrasah, Cholid Isnawan juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh wali murid. “Alhamdulillah kegiatan vaksin siswa dosis 1 selesai dilaksanakan, kami sampaikan terima kasih kepada semua wali murid MI Cokroaminoto Sijeruk yang telah mendukung program vaksinasi anak sekolah, ini menunjukkan bahwa seluruh wali murid mendukung program pemerintah karena vaksin menjadi salah satu syarat pembelajaran tatap muka, semoga anak-anak tetap sehat,” pungkasnya

Harno, Kapolsek Banjarmangu yang ikut mendampingi pelaksanaan vaksinasi bersama Babinsa dari Koramil Banjarmangu beserta Kepala Desa Sijeruk juga memberikan semangat kepada MI Cokroaminoto Sijeruk.

“Semoga dengan vaksin terhadap siswa MI Cokroaminoto Sijeruk yang merupakan salah satu syarat pembelajaran tatap muka  ini dapat dilaksanakan dengan lancar sehingga pembelajaran tatap muka bisa terus dilaksanakan dan juga  nantinya dipelaksanaan vaksin dosis kedua tanggal 22 Februari 2021 seluruh siswa tetap bersemangat, ” ujarnya.

Kondisi dunia pendidikan di Kabupaten Banjarnegara diharapkan bisa segera kembali normal. Dan MI Cokroaminoto Sijeruk menjadi bagian penting dalam mensukseskan program vaksinasi siswa, semoga dengan upaya tersebut dapat mewujudkan peserta didik yang sehat dan pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan dengan aman. (cho/ak/rf)