Siswa MTsN 2 Kota Semarang Belajar Kepemimpinan Lewat LDK

Semarang–OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah) atau disebut juga dengan OSIS MTsN 2 Kota Semarang melaksanakan program Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk siswa kelas 7 dan 8. Program ini merupakan program rutin tahunan OSIM MTsN 2 Kota Semarang dalam rangka melatih dan mengembangkan jiwa serta mental kepemimpinan siswa kelas 8 dan sekaligus mencari bibit siswa kelas 7 yang akan menjadi pengurus organisasi di MTsN 2 Kota Semarang, seperti OSIM (OSIS), Majelis Perwakilan Kelas (MPK), dan ekstrakurikuler.

“Pemimpin yang saat ini menjadi leader atau pimpinan, merupakan individu yang telah melatih dirinya sendiri menjadi pemimpin pada masa sebelumnya,” kata Kepala MTsN 2 Kota Semarang, Ahmad Alfan, yang disampaikannya pada saat membuka program LDK, Rabu (26/1) di kampus 2 MTsN 2 Kota Semarang, yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta Kota Semarang.

Ia menambahkan, ada beberapa media untuk melatih kepemimpinan bagi siswa. “Media pembelajaran kepemimpinan bagi siswa salah satunya melalui OSIM, MPK, atau ekskul yang ada di MTsN 2 Kota Semarang,” imbuh Alfan.

Setelah membuka secara resmi program LDK, Alfan melanjutkan menyampaikan materi dengan tema keorganisasian. Dalam materinya, Alfan menjelaskan tentang pengertian organisasi, tujuan berorganisasi, tipe pemimpin, 12 prinsip organisasi, dan pola organisasi. Alfan secara aktif berinteraksi dengan para peserta LDK sehingga sesi presentasi menjadi hidup dan interaktif.

Alfanpun menceritakan pengalamannya pada masa bersekolah dan kuliah. Ia aktif berorganisasi sehingga pengalaman berorganisasi pada saat di sekolah dan kuliah tersebut menjadikannya pemimpin madrasah seperti saat ini. Kepanitiaan LDK tahun 2022 MTsn 2 Kota Semarang diketuai oleh Sholikhul Hadi dan beranggotakan Luk’luatul Mufassiroh, Ahmad Ansoriyadi, Oktavia Padmawati, Abdul Munadi, Nur Faiq, dan Muatofa.

Panitia menjelaskan bahwa kegiatan LDK di MTsN 2 Kota Semarang berlangsung selama 2 hari, 26 s/d 27 Januari 2022. Adapun kegiatan hari Rabu (26/1) berupa pembukaan, penyampaian materi publik comunication, kepemimpinan, keorganisasian, dan tata upacara. Sedangkan hari Kamis (27/1) diisi dengan pembukaan oleh Pengurus Inti OSIM, materi tim work, problem solving, pemilihan dan pembentukan pengurus OSIM serta pelantikan. (Mursyid/bd)