Upacara HAB ke-76 Terselenggara dengan Sukses

Semarang – Hari Amal Bakti (HAB) merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh segenap keluarga besar Kementerian Agama di Indonesia. Tak terkecuali di Kankemenag Kota Semarang. Puncak peringatan HAB ke-76 pada Senin, 3 Januari 2022 ini diperingati dengan menggelar upacara bendera di halaman kantor Kemenag Kota Semarang.

Seluruh ASN dan karyawan Kemenag Kota Semarang, pengawas, penyuluh dan kepala KUA menjadi peserta upacara ini. Turut hadir pula, jajaran Forkompinda, Ketua FKUB Kota Semarang, ketua ormas keagamaan di Kota Semarang, Camat Ngaliyan dan Lurah Kalipancur.

Bertindak sebagai inspektur Upacara yaitu Walikota Semarang yang diwakili oleh Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin. Sekda membacakan amanat menteri agama, H. Yaqut Cholil Qoumas.

Dibacakan oleh Sekda, Menag menyampaikan terima kasih kepada semua jajaran ASN Kemenag yang telah mencapai banyak prestasi. Sebagai apresiasi, Kementerian Agama telah mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

“Alhamdulillah, Bapak Presiden telah mengabulkan permohonan tersebut dan pada Hari Amal Bakti ke-76 ini, atas nama Bapak Presiden, diberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama. Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari korps Kementerian Agama,” tutur Gusmen.

Gusmen meminta segenap keluarga besar kementerian Agama untuk menjadikan agama sebagai inspirasi dan penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, menjadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama.

“Saya percaya apabila berpegang teguh pada itu semua, Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa. Apa yang kemudian menjadi tagline Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama, yaitu Transformasi Layanan Umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan. Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” paparnya lanjut.

Upacara terselenggara dengan sukses. Ketua panitia bidang upacara yang juga selaku Penyelenggara Zawa Kemenag Kota Semarang, Cholidah Hanum menyampaikan terima kasih kepada segenap petugas dan peserta upacara yang telah menyukseskan upacara.

“Kami sampaikan terima kasih atas partisipasi Bapak/Ibu sekalian. Semoga menjadi amal kebaikan untuk instansi tercinta kita ini,” ujar Hanum. — iq/bd