4 Medali Emas di Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Nasional, Bukti Keunggulan MTs N 2 Banjarnegara

Banjarnegara – MTs Negeri 2 Banjarnegara mampu membuktikan sebagai madrasah unggulan. Empat medali emas, lima perak, sebelas perunggu, dan 4 unclassified medal diperoleh siswa-siswi MTs N 2 Banjarnegara dalam Olimpiade Bahasa Arab tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Islamic Student National Championship (ISNC) Tahun 2022 Malang Jawa Timur, Minggu,(19/02).

Lomba yang dilaksanakan secara daring ini diikuti oleh berbagai MTs/SMP di seluruh Indonesia. Tidak ketinggalan MTs Negeri 2 Banjarnegara mengirimkan 27 siswanya untuk mengikuti lomba tersebut. Dan hasilnya sungguh membanggakan. Prestasi yang diperoleh oleh Siswa-siswi peserta Olimpiade Bahasa Arab ini dibimbing oleh 3 guru mata pelajaran bahasa arab, yaitu : Siswo Purnomo, Supriyanto dan Anis Fitrotunnisa.

“Alhamdulillah kami mendapatkan banyak prestasi pada Olimpiade Bahasa Arab kali ini, dan itu saat membanggakan, karena prestasi yang diperoleh merupakan salah satu indikator keberhasilan mata pelajaran bahasa arab yang diajarkan di MTs N 2 Banjarnegara,” ungkap Siswo.

Mereka yang memperoleh 4 medali emas yaitu : Adistya Fadilla, Intan Aulia, Khoirunnisa Hilmi, dan Tsania Nur Azizah. Khoirunnisa, salah satu siswa yang memperoleh medali emas mengungkapkan, “Rasanya senang sekali saya mendapatkan medali emas. Karena menurut saya bahasa arab itu tidak mudah, kita harus memperhatikan guru pada saat pelajaran, dan yang terpenting harus sering dilatih untuk menggunakan bahasa arab,” tuturnya.

Mata pelajaran bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran intrakurikuler di MTs Negeri 2 Banjarnegara yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis.

“Kemampuan bahasa arab serta sikap positif terhadap bahasa arab sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu alquran dan hadis, serta kitab-kitab bahasa arab yang berkenaan dengan Islam, serta dewasa ini bahasa arab menjadi bahasa internasional kedua setelah bahasa inggris. Untuk itu bahasa Arab di Madrasah memiliki nilai penting bagi peserta didik.” Pungkas siswa. (hf/ak/rf)