Gebrakan Baru, MI Al Fatah Parakancanggah Laksanakan BEBER SAGU

Banjarnegara – MI Al Fatah Parakancanggah Kabupaten Banjarnegara mengadakan gebrakan baru program Belajar Bersama Sahabat Guru (BEBER SAGU). Kegiatan ini inspirasi dari para guru di MI Al Fatah dan support full oleh kepala madrasah. BEBER SAGU ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru. Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin di setiap hari Jumat yang dilaksanakan di lingkungan madrasah, Jumat,(11/2)

BEBER Sagu wajib diikuti oleh seluruh guru, kecuali bagi guru yang berhalangan hadir atau guru yang sedang melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. BEBER SAGU banyak membahas tentang ilmu-ilmu seputar pendidikan, administrasi guru, perangkat pembelajaran, pengembangan media dan metode pembelajaran dan materi-materi lain yang dapat menunjang kualitas dan kinerja guru.

Pendekatan dan strategi yang digunakan dalam pelaksanaan BEBER SAGU adalah untuk memberikan pengetahuan serta keterampilan guru tentang pembelajaran terdiferensiasi dengan model evaluasi stake formatif yaitu konteks (anteseden), proses (transaksi), dan hasil (outcomes). Anteseden sebagai tahap perencanaan, transaksi sebagai tahap pelaksanaan dan outcomes sebagai tahap evaluasi.

Nani selaku koordinator program BEBER SAGU merasa senang karena ini merupakan salah satu wadah sharing guru dan bisa berbagi ilmu.

“Saya senang sekali jika kita bisa berbagi ilmu dengan sesama sahabat guru karena ini sangat bermanfaat dan sebagai bentuk rasa syukur atas ilmu yang Allah berikan kepada kita, berbagi ilmu dengan orang lain adalah bentuk terbaik dalam mensyukuri apa yang telah kita dapatkan”, ungkapnya.

Selain Nani, salah satu wali Kelas 3 PK.E Mahmudah, juga mengatakan hal yang sama, dan ia berharap program BEBER SAGU ini semoga dapat berjalan istikamah dan saling memberi manfaat.

“Saya berharap BEBER SAGU akan terus istikamah kita laksanakan karena ini benar-benar kita butuhkan sebagai tempat sharing dan berbagi pengalaman antar guru,” terangnya.

“Dari saya mengikuti kegiatan belajar bersama sahabat guru diharapkan diri saya dapat menjadi pribadi guru yang lebih baik lagi dan dapat meningkatkan keprofesionalan saya,” tambahnya.

Sementara itu, Durrotun Nafisah kepala Madrasah MI Al Fatah Parakancanggah sangat mendukung dan selalu memotivasinya.

“ Saya sangat mendukung sepenuhnya program ini, karena guru itu harus terus belajar dan saling belajar, semoga berjalan lancar dan manfaat untuk semua pihak,” tandasnya. (mc/na/rf)