Ini Dia Tip Sukses Ujian Siswa MTs N 1 Banjarnegara dari Bu Nyai Maratus Solihah

Banjarnegara – Jelang Ujian Madrasah yang kian dekat, siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara khususnya kelas 9 dapat tip sukses ujian dari Ibu Nyai Maratus Solihah, pengisi ceramah pada acara Isro Miroj Nabi Muhammad saw. Acara ini diadakan pada Jumat (25/2) di Masjid Darul Ulum MTs Negeri 1 Banjarnegara.

Selain belajar, tip sukses ujian juga berkaitan dengan spiritual. Berikut tip sukses ujian menurut Ibu Nyai Maratus Solihah.

Pertama, wudu. Wudu merupakan kegiatan menyucikan diri sebelum salat. Selain sebagai salah satu syarat sah sah salat, wudu ini merupakan salah satu kunci sukses ujian karena dengan keadaan yang suci siswa bisa berpikir dengan lebih baik.

Kedua, memohon doa restu kepada kedua orang tua. Ini sangat penting karena doa dan restu orang tua adalah doa. Sedangkan doa bagi orang muslim laksana pedang. Doa orang tua, terutama ibu merupakan doa yang ampuh.

Ketiga, mendoakan guru. Sebelum ujian dimulai maka yang perlu diakukan adalah mendoakan guru mata pelajaran yang akan diujikan.

“Doa adalah senjatanya orang muslim, maka mendoakan para guru adalah ikhtiar yang bisa dilakukan siswa dengan harapan doa tersebut dapat sampai kepada Allah swt. sehingga Allah memudahkan ujian yang akan dijalani” tutur beliau.

Keempat, berdoa. Doa yang diajarkan oleh Ibu Nyai Maratus Solihah adalah “Yaa fattahu yaa ‘aliim iftah quluubanaa futuuhal ‘aarifiin” dan dibaca sesempatnya dan sebanyak-banyaknya sebelum mengerjakan ujian.

“Ketika ujian kalian jangan panik. Tip ini saya dapat dari guru saya ketika saya mondok dan sekarang saya transfer ke kalian supaya b berkah ilmunya juga sampai ke saya dan guru saya.” pungkasnya. (Rin/ak/rf)