Jadi Tempat Magang, MAN 2 Banjarnegara Sambut Mahasiswa UPGRIS

Banjarnegara – MAN 2 Banjarnegara menyambut empat belas mahasiswa UPGRIS (Universitas PGRI Semarang) dalam kegiatan Magang 2 di ruang multimedia,Senin, (14/2). Kegiatan tersebut diadakan secara tatap muka untuk peserta mahasiswa dan beberapa perwakilan dari MAN 2 Banjarnegara serta secara virtual untuk dosen pembimbing.

Program ini merupakan bagian dari tugas kuliah Program Magang 2 Tahun Akademik 2021-2022 yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Dalam program ini, para peserta ditugaskan untuk melaksanakan observasi kegiatan belajar mengajar mata pelajaran yang sesuai dengan program studinya. Ada empat program studi yang diambil oleh peserta Program Magang 2 tersebut yaitu PBSI (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), PJKR (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi), Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika.

Kedatangan empat belas mahasiswa tersebut disambut dengan hangat oleh Kepala Madrasah, Ridlo Pramono. Dalam sambutannya, Ridlo menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta Program Magang 2 UPGRIS. “Selamat datang mahasiswa peserta Program Magang 2 di MAN 2 Banjarnegara, madrasahnya para juara. Madrasah akan berusaha semaksimal mungkin membantu saudara-saudara semua di sini dalam melaksanakan observasi dan yang lainnya sekiranya dibutuhkan. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya ataupun meminta bantuan kami,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Natir selaku Kepala Madrasah Bidang Akademik bahwa madrasah siap membantu mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan ini.

“Kami siap memfasilitasi apa-apa yang dibutuhkan berkaitan dengan data dan informasi selama kegiatan magang ini. Kami sudah menunjuk guru mata pelajaran untuk mendampingi para mahasiswa selama observasi di kelas. Harapannya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan berhasil sesuai yang diharapkan,” paparnya.

Program Magang 2 merupakan salah satu tugas praktikum lapangan yang harus diambil oleh mahasiswa. Salah satu tujuannya adalah untuk memberikan gambaran secara nyata dan langsung proses pembelajaran yang ada di kelas. “Melalui Program Magang 2 ini kami berharap memperoleh pemahaman yang mendalam tentang teori-teori pembelajaran yang sudah kami pelajari sebelumnya. Semoga di madrasah ini juga kami bisa memperoleh pengalaman yang lebih banyak lagi,” jelas Fina Karimatun Nafis salah satu peserta Program Magang 2 dari Prodi PBSI. (ta/ak/rf)