Jago Bahasa Indonesia, MAN 2 Banjarnegara Sabet 15 Medali Tingkat Nasional

Banjarnegara – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banjarnegara meraih prestasi di ajang Kompetisi Bahasa Indonesia 2022 Tingkat Nasional dengan menyumbangkan 15 medali Kamis,(17/2). Ridlo Pramono selaku Kepala Madrasah merasa bangga atas prestasi yang diraih oleh para siswa. “Selamat untuk para juara. Saya sangat senang dan bangga atas prestasi ini. Apalagi madrasah kita sudah dinobatkan sebagai juara harapan 1 wajah bahasa sekolah tingkat nasional di tahun kemarin. Jadi, ini adalah bukti jika kita memang layak mendapatkan penghargaan tersebut. Kedepan Insyaallah prestasi kita akan terus bertambah,” ungkapnya dengan penuh optimis.

Kompetisi Bahasa Indonesia Tingkat Nasional merupakan ajang perlombaan yang dilaksanakan secara online oleh Lembaga Kompetisi Indonesia. Penyelenggara kompetisi ini adalah lembaga resmi yang kompeten dan terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0032240.AH.01.01. Dalam ajang bergengsi ini, MAN 2 Banjarnegara mampu meraih 1 medali emas, 6 medali perak, dan 8 medali perunggu. Jadi, total yang diraih sebanyak 15 medali.

Lili Maenani, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan mengungkapkan Bahasa Indonesia bukan hal yang mudah untuk anak zaman sekarang. “Hebat, siswa MAN 2 Banjarnegara jago Bahasa Indonesia. Anak zaman sekarang terkadang lebih suka menggunakan bahasa gaul daripada Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Semangat terus ya melestarikan bahasa kita,” ungkapnya kepada para juara.

Dibalik keberhasilan siswa dalam ajang Kompetisi Bahasa Indonesia, ada sosok Sutiyani selaku guru pembimbing yang konsisten melakukan bimbingan. “Untuk soal kompetisi tidak semua materinya sama dengan pelajaran di kelas, levelnya lebih tinggi. Agar mendapat hasil yang terbaik, sangat diperlukan bimbingan,” papar Sutiyani.

Para juara kompetisi yang dilaksanakan dengan sistem Computer Based Test (CBT) ini  mendapatkan sertifikat dan piagam cetak, medali, merchandise dan juga ecourse. (fn/ak/rf)