Jaring Potensi Peserta Didik, MAN 2 Banjarnegara Adakan Lomba Tik Tok

Banjarnegara – menggali potensi siswa di pelbagai bidang sedang digenjot oleh MAN 2 Banjarnegara. Salah satu bentuk nyatanya yaitu dengan mengadakan lomba Tik Tok bagi para peserta didiknya, Selasa,(22/2). Perlombaan yang diikuti oleh perwakilan dari kelas X, XI dan XII menghasilkan video-video yang kreatif dan menarik. Video yang masuk diambil tiga terbaik yang nantinya akan mendapatkan apresiasi berupa uang tunai Rp.300.000 bagi juara I, Rp. 200.000 bagi juara II dan Rp.100.000 bagi juara III. 

Ridlo Pramono selaku kepala madrasah mengungkapkan tujuan dari diadakannya lomba TikTok. “Perkembangan teknologi di dunia pendidikan telah berkembang begitu pesatnya. Tentunya kami tidak ingin tertinggal. Untuk menggali potensi peserta didik khususnya di bidang teknologi ini  kami mengadakan lomba tersebut. Terlebih kami sedang membuat program madrasah digital. Ternyata para peserta didik begitu familiar dengan aplikasi tik tok. Kami ingin menggali potensi siswa di bidang editting video serta kreativitas siswa akan isi konten video tersebut. Ternyata hasil dari video yang mereka kirimkan begitu bagus. Kami tidak akan pernah lelah untuk terus berupaya agar dapat menampung bakat dan minat peserta didik,” jelasnya.

Marheni salah satu dari tiga juri yang bertugas untuk menilai video dari peserta didik menjelaskan kriteria apa saja yang dijadikan untuk menentukan pemenang dari perlombaan ini. “Video yang masuk membuat kami terkejut. Karena ternyata hasilnya sangat bagus dan kreatif, kami tidak menyangka ternyata mereka punya potensi yang sangat besar baik dibidang editting maupun pengambilan gambar. Kriteria penilaian kami yang pertama adalah kualitas video tersebut, teknik pengambilan gambar yang digunakan juga menjadi salah satu kriteria kami, dan yang terakhir adalah isi konten tersebut apakah sudah sesuai dengan tema yang kami tentukan atau belum,” ungkap guru bahasa Jawa ini.

Hasil dari perlombaan ini adalah juara satu dimenangkan oleh kelas XII IPS 3, juara II diperoleh oleh kelas X MIPA 2 serta juara III dimenangkan oleh kelas XI MIPA OK. Ketiga video tersebut dianggap yang terbaik karena isinya sesuai dengan tema, editting yang rapi serta pengambilan gambarnya dilakukan dengan teknik yang bagus sehingga menghasilkan video yang berkualitas. (ak/rf)