Jiwa Kesederhanaan

Kab. Pekalongan – Penanaman jiwa kesederhanaan  selalu ajarkan dan ditanamkan dalam kehidupan Pondok Pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan  oleh Mudir kepada guru, ustadz, karyawan dan santri IMBS Miftahul ulum Pekajangan. (Kamis, 10 Pebruari 2022).

Kehidupan di pondok pesantren  diliputi oleh suasana kesederhanaan. Sederhana tidak berarti pasif atau nerimo, tidak juga berarti miskin dan melarat. Justru dalam jiwa kesederhanan itu terdapat nilai-nilai kekuatan, kesanggupan, ketabahan dan penguasaan diri dalam menghadapi perjuangan hidup.

Di balik kesederhanaan ini terpancar jiwa besar, berani maju dan pantang mundur dalam segala keadaan. Bahkan di sinilah hidup dan tumbuhnya mental dan karakter yang kuat, yang menjadi syarat bagi perjuangan dalam segala segi kehidupan.

“Jiwa sederhana meliputi suasana kehidupan Pondok Pesantren itulah yang dibawa oleh santri sebagai bekal utama di dalam kehidupannya di masyarakat. Jiwa ini juga harus dipelihara dan dikembangkan dengan sebaik-baiknya. “tutur Sumarno selaku Mudir Pondok Pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan.(Smn/Ant/bd).