Kankemenag Kota Semarang Ikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan PDWK

Semarang—Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan (BDK) Semarang gandeng Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang untuk selenggarakan kegiatan Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) pada 7 hingga 12 Februari 2022. Ada dua jenis PDWK yang diselenggarakan yaitu PDWK Tenaga Teknis Administrasi berdasarkan surat Kepala BDK Semarang Nomor : B-63/Bdl.06/2/Kp.02.2/01/2022 tanggal 13 Januari 2022 dan PDWK Pelatihan Keluarga Sakinah berdasarkan surat Kepala BDK Semarang Nomor : B-238/Bdl.06/3/Kp.02.2/01/2022 tanggal 25 Januari 2022.

Pada PDWK Tenaga Teknis Administrasi jenis pelatihan dimaksud adalah Pelatihan Teknis Persiapan Pensiun di Wilayah Kerja dimana diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kankemenag Kota Semarang yang akan memasuki masa pensiun kurang dari 5 tahun (2022-2027) baik dari unsur pegawai pada kantor kota maupun Kantor Urusan Agama (KUA),  guru madrasah, guru pendidikan agama Islam, Kristen dan Katolik. Adapun alokasi peserta sebanyak 35 orang.

Sedangkan PDWK Pelatihan Keluarga Sakinah peserta terdiri dari penyuluh agama PNS/Non PNS, tokoh organisasi masyarakat yang bergerak dalam pemberdayaan keluarga di lingkungan Kankemenag Kota Semarang dan belum pernah mengikuti pelatihan sejenis, dengan alokasi sama yaitu 35 orang.

Selaku pemateri pada kegiatan PDWK adalah Widyaiswara BDK Semarang dan Kepala/Pejabat Struktural terkait pada Kankemenag Kota Semarang.

Berdasarkan surat Kepala BDK Semarang, pelatihan dilaksanakan secara offline dengan mensyaratkan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Pelaksana dalam hal ini Kankemenag Kota Semarang diwajibkan mempersiapkan tempat cuci tangan, hand sanitizer, pengaturan jarak antar peserta kegiatan dan mewajibkan peserta menggunakan masker serta pengukuran suhu bagi peserta kegiatan. Sedangkan kegiatan evaluasi akan dilaksanakan secara online, untuk itu Kankemenag Kota Semarang juga harus mempersiapkan koneksi internet yang baik guna terselenggaranya kegiatan dimaksud.

Adapun peserta kegiatan harus terinput terlebih dahulu pada aplikasi Simdiklat (Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Terpadu) oleh PIC (Person In Charge) atau admin Kankemenag setempat.

Sumari selaku Wakil Pimpinan Lokus yang juga menjabat Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Kasi Bimas) Islam Kankemenag Kota Semarang, Andina Kartika Sari selaku admin Simdiklat setempat dan Samsudin selaku panitia kegiatan kelas Pelatihan Keluarga Sakinah, ikuti kegiatan rapat persiapan pelaksanaan PDWK yang akan dilaksanakan tanggal 7-12 Februari 2022 secara daring dengan menggunakan zoom meeting pada Kamis (3/2) dari tempat tugas masing-masing.

Rapat dipimpin langsung oleh Ansori Kepala BDK Semarang dan dimoderatori oleh Muklasin. Pada rapat ini hadir pula Maunah dari BDK Semarang yang menyampaikan teknis pelaksanaan PDWK. “Kegiatan PDWK ini akan menggunakan BDK Semarang Learning Center (BLC) yang dapat diakses melalui link http://blc.bdksemarang.net. Dalam hal ini peserta diwajibkan membuat akun di sistem BLC, dan diharapkan bantuan dari admin/PIC Simdiklat dalam pembuatan akun dimaksud,” jelas Maunah.

Dalam rapat ini dibahas mengenai teknis pembukaan, pelaksanaan pelatihan, evaluasi sampai dengan agenda penutupan kegiatan.

“Dibutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam penginputan data peserta yang akan mengikuti PDWK tanggal 7-12 Februari 2022. Bongkar pasang peserta, butuh konsentrasi tingkat dewa tapi harus tetap semangat,” seloroh Andina menyemangati dirinya sendiri.

Sumari berharap kegiatan akan berjalan dengan baik, lancar dan sukses tanpa kendala yang berarti. ‘’Semoga kegiatan berjalan sesuai dengan ekspektasi, tujuan kegiatan dapat tercapai dan yang tidak kalah penting, semua peserta kegiatan tetap sehat,” tutur Sumari.(Andina/NBA/bd)

)