Kehadiran PPL, Turut Membantu Dalam Pelaksanaan Tusi Kemenag

Semarang, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang melakukan pelepasan mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang pada Jumat (25/2/2022).

Cholidah Hanum Penyelenggara Zakat dan Wakaf mewakili Kankemenag Kota Semarang mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh UIN Walisongo sebagai tempat pembelajaran bagi mahasiswanya.

Hanum menyampaikan bahwa kehadiran mahasiswa PPL UIN Walisongo cukup membantu Kankemenag Kota Semarang dalam melaksanakan tugas dan fungsi (tusi) sebagai pelayan masyarakat.

“Kami sangat terbantu dengan anak-anak PPL dari UIN Walisongo, karena memang sudah sejak lama kondisi baik di kantor kota, madrasah, maupun KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan mengalami kekurangan pegawai. Hal ini disebabkan adanya pegawai yang memasuki purna tugas, mutasi atau meninggal, dan sampai sekarang belum ada penggantinya,” tutur Hanum yang disampaikannya kepada Fauzi selaku dosen pembimbing mahasiswa PPL FISIP UIN Walisongo.

Kegiatan pelepasan mahasiswa PPL dilaksanakan di ruang Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Subbag TU) Kankemenag Kota Semarang.

Pada kesempatan ini Dintha Muhammad Kurnia, pegawai Subbag TU, ikut mendampingi Hanum, menjelaskan bahwa mahasiswa FISIP UIN Walisongo tersebut telah melaksanakan PPL pada Kankemenag Kota Semarang selama satu setengah bulan.

Hanum menyampaikan harapan dan pesan kepada mahasiswa agar pengalaman yang telah didapat selama menjalankan PPL di Kankemenag Kota Semarang, bisa menjadi bekal dalam melanjutkan studi atau memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

“Kurang lebih beginilah dunia kerja, anak-anak bisa memiliki bayangan yang lebih nyata. Ambillah ilmu dan pengalaman yang baik, sebagai bekal nantinya,” pesan Hanum.

“Selama PPL di sini, sebagain besar yang dikerjakan bersifat administratif, dan kami melihat perlu adanya peningkatan kompetensi dari anak-anak ini,” tutur Hanum kepada Fauzi.

Hanum juga sampaikan permohonan maaf karena Kepala dan Kasubbag TU tidak bisa ikut melepas mahasiswa PPL dikarenakan ada tugas kedinasan yang tidak bisa ditinggalkan.

Hanum mewakili Kemenag Kota Semarang sampaikan harapannya agar kerja sama dalam PPL bagi mahasiswa UIN Walisongo terus dapat berkelanjutan.

“Kami siap menerima mahasiswa-mahasiswa PPL selanjutnya,” imbuhnya.

Menanggapi apa yang disampaikan Hanum, Fauzi pun mengucapkan terima kasih karena telah menerima dan membimbing mahasiswa PPL dengan baik.

“Silahkan anak-anak informasikan kepada rekan dalam satu angkatan atau adik kelas, jika ada yang membutuhkan tempat untuk PPL, bisa mengajukan melalui kampus untuk bisa PPL di Kankemenag Kota Semarang,” ujar Fauzi. (Dintha/NBA/bd)