Kemenag Kota Semarang Miliki Perencana Baru

Semarang, Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia gelar kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan perencana pada Senin (21/2/2022) di aula H.M. Rasyidi Kemenag. Kegiatan dilangsungkan pada pukul 10.00 WIB tepat.

Pada kegiatan ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag RI, H. Nizar Ali, bertindak selaku pejabat pelantik.

Adapun pejabat yang dilantik sejumlah 41 orang. “Sebenarnya ada 67 perencana yang akan mengikuti kegiatan ini, akan tetapi tidak kesemuanya dapat hadir, salah satu penyebabnya adalah hasil positif atas pemeriksaan PCR swab, dimana hal ini dipersyarakatkan oleh penyelenggara,” tutur Andina Kartika Sari selaku perencana ahli muda dari Kankemenag Kota Semarang yang ikut dilantik dan diambil sumpah jabatannya pada acara tersebut.

Nizar menyampaikan ucapan selamat kepada perencana hasil uji kompetensi yang telah dilantik, karena hasil uji kompetensi yg diadakan oleh Pusat Pembinaan Perencana (Pusbinren) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), hanya 67 orang yang lulus dari 162 peserta  atau sekitar 41%nya saja.

“Maka dari itu, perencana yang baru dilantik mulai dari jenjang pertama, muda dan madya harus lebih bersyukur dan lebih semangat dalam menjalani tugas pokok dan fungsinya,” tutur Nizar.

Kegiatan perencanaan merupakan salah satu bagian vital, oleh karenanya sesuai dengan sumpah jabatannya, perencana diharapkan dalam membuat/menyusun suatu perencanaan harus tepat, akuntabel dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Di akhir acara, Sekjen Kemenag RI didampingi Kepala Biro Perencanaan dan Kepala Biro Kepegawaian, serta Ketua Kelompok Kerja Perencana Nasional (Pokjanas) Agus Sunaryo, berkesempatan memberikan ucapan selamat satu persatu kepada perencana yang baru dilantik.

“Alhamdulillah acara pelantikan telah selesai dan berjalan dengan lancar. Per hari ini kami telah sah menjadi perencana,” tutur Andina.

Ia juga memohon doa restu dari rekan-rekan sejawatnya agar dapat mengemban amanah tugas sebagai perencana Kankemenag Kota Semarang dengan baik. Pada waktu yang bersamaan, dilaksanakan pula kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi Jabatan Fungsional Perencana yang dilaksanakan secara mandiri di hotel Haris Jakarta selama 4 hari (20-23 Februari 2022). (Dina/NBA/bd)