KKG Kecamatan Genuk Tumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Untuk Bangga Melayani Bangsa

Semarang, Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Genuk Kota Semarang gelar kegiatan pada Kamis, (17/2/2022) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Huda dan dihadiri oleh guru MI se Kecamatan Genuk.

Pada kesempatan ini hadir Tri Murdiyanti Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang memberikan pembinaan.

Dalam pembinaannya, Tri panggilan akrabnya menjelaskan mengenai PKG (Penilaian Kinerja Guru) periode 2021.

“PKG semestinya dinilai setiap akhir tahun oleh Kepala Madrasah, namun karena bersamaan dengan kegiatan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan), maka penilaian baru dilaksanakan pada akhir Februari,” terang Tri.

PKG merupakan penilaian kinerja guru yang meliputi, paedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional guru.

Tri berharap melalui pertemuan KKG kali ini, guru binaannya lebih memahami apa tupoksinya, sebagai wujud rasa tanggung jawab untuk bangga melayani bangsa yaitu ikut mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan.

Disamping PKG, Tri juga mengenalkan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka atau kurikulum 2022 atau lebih dikenal dengan kurikulum prototipe.

“Dalam kurikulum ini, madrasah boleh memilih dari berbagai kurikulum yang ada yakni K13/KTSP, Kurikulum darurat, atau kurikulum merdeka,” tutur Tri.

KKG Kecamatan Genuk rutin adakan pertemuan setiap bulan, dan biasanyan dilaksanakan pada minggu kedua untuk guru PNS dan minggu keempat untuk semua anggota. Begitu disampaikan Tri.

“Masa pandemi tidak jadi penghalang bagi KKG Kecamatan Genuk untuk mengadakan pertemuan, kami lakukan secara online melalui zoom, baru pada bulan ini kami adakan pertemuan secara tatap muka langsung. Semoga kedepan kondisi dan situasi kondusif, sehingga bisa pertemuan secara langsung dapat dilakukan,” pungkas Tri. (Tri/NBA/bd)