Lakukan 4 Pilar Imunitas Untuk Investasi Kesehatan Jangka Panjang

Semarang (Humas)- Dharma Wanita Persatuan Republik Indonesia (DWP RI) menggelar webinar bertajuk “Pola Hidup Sehat melalui Gizi Optimal Sebagai Investasi Kesehatan Jangka Panjang” dengan menghadirkan narasumber Dokter Gizi, dr. Putri Sakti Dwi Permanasari, Selasa (22/2).

Webinar diikuti oleh seluruh keluarga besar DWP Kementerian Agama RI melalui zoom meeting serta masyarakat lainnya dapat mengikuti secara streaming melalui youtube DWP Kemenag RI. Bertindak sebagai moderator, Lady Yulia dari DWP Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal.

“Sehat tak dapat lepas dari kata bugar. Sehat adalah kedaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial yang memungkin setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Sedangkan bugar ialah kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh energi dan setelah menyelesaikan kegiatan tersebut kita masih memiliki semangat dan tenaga cadangan untuk menikmati waktus senggang dan siap melakukan kegiatan lainnya secara mendadak bahkan kegiatan-kegiatan yang tak terduga,” tutur dr. Putri.

“Untuk menuju tubuh yang sehat dan bugar, kita harus ditunjang dengan 4 pilar imunitas yakni nutrisi, aktifitas fisik, kecukupan tidur serta mindfulness. Bila keempat pilar tersebut dapat kita lakukan dengan baik, insyaallah imun kita dapat terjaga dengan baik dan opimal sebagai investasi jangka panjang,” imbuhnya.

dr. Putri sampaikan bahwa nutrisi didapatkan dari makanan yang seimbang, baik itu karbohidrat, protein hewani dan nabati, vitamin, mineral serta kebutuhan gula, garam dan lemak dalam tubuh. Lantas, aktifitas fisik harus tetap dilakukan secara teratur. Olahraga cardio minimal 30 menit per hari serta extra strengthening excercise minimal 2 kali seminggu. Poin ke 3 yakni kecukupan tidur menjadi penting bagi investasi kesehatan jangka panjang, sebab kurang tidur dapat memicu obesitas. Yang terakhir adalah mindfulness eating, yakni ketika kita memberikan perhatian penuh pada makanan yang kita konsumsi, tanamkan dalam diri untuk mengkonsumsi makanan yang menyehatkan bagi tubuh.

Seluruh anggota yang mengikuti webinar tampak aktif dan gayeng mengikuti seluruh rangkaian diskusi. Diakhir diskusi  dr. Putri menagaskan bahwasannya sehat tidak terlepas dari gaya hidup kita untuk menjaga imunitas  dengan 4J yakni Jenis makanan, Jumlah makan yang tepat, Jadwal makanan dan Jurus memasak yang tepat jadi hal-hal yang penting untuk diperhatikan.  Gizi seimbang harus disesuaikan tingkat usia kita, maka konsumsi buah dan sayur dengan tepat. (da/rf)