Madrasah Makin Dipercaya Masyarakat

Kab. Pekalongan –  Madrasah sekarang ini semakin dipercaya oleh masyarakat karena madrasah memiliki nilai lebih berupa pendidikan agama. Di antara indikatornya adalah madrasah saat ini terus bertumbuh dengan bertambahnya madrasah-madrasah baru. Selain itu terjadi kekurangan ruang kelas baru di sebagian besar madrasah. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, H. Kasiman Mahmud Desky, M. Ag. saat melakukan kunjungan monitoring PTM Terbatas di MI Sullam Taufiq Kajen pada Rabu, 2 Februari 2022.

Dalam kunjungan tersebut Kepala Kantor Kemenag didampingi Kasubag TU, Drs. H. Muqoddam, M.Sy; Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Drs. H. Busaeri, MH serta staff pelaksana Penma, Kindro Dwi Raharjo. Turut serta juga Ketua KKMI Kab. Pekalongan Hj. Siti Samsiyah, M.Pd.I dan Ketua KKRA/IGRA Kab. Pekalongan Wasiqoh, M.Pd.I

Menurut Kakankemenag, H. Kasiman Mahmud Desky kondisi bertambahnya madrasah dan kekurangan ruang belajar menunjukkan animo dan kepercayaan masyarakat terhadap madrasah meningkat secara signifikan. Hanya saja keberadaan madrasah di Kabupaten Pekalongan masih terkonsentrasi di beberapa kecamatan saja yakni Buaran, Tirto, Kedungwuni dan Wonopringgo belum tersebar secara merata dan proporsional.

“Kami di Kementerian Agama mendorong penyebaran pendirian madrasah ke arah Selatan dan Barat yang sebetulnya memiliki potensi yang tidak kalah dengan daerah lain,” tandasnya.

Sebagai informasi tambahan tak lupa Kepala Kankemenag juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini akan mutasi ke Kankemenag Kota Pekalongan

“Kepada para pengelola madrasah untuk berpegang kepada tiga prinsip yakni niat atau komitmen, bekerja keras serta tidak lupa berdoa guna mewujudkan madrasah yang berkualitas.” tegasnya.

Sementara itu Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Busaeri menyampaikan secara umum untuk tingkat madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Pekalongan kondisinya sehat dalam artian tidak ada madrasah yang mengalami kekurangan murid.

H. Busaeri mengingatkan segenap warga madrasah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat saat ini masih terjadi lonjakan kasus positif covid varian omicron di daerah lain.

Sementara itu M. Syaikhul Alim, Kepala MI Sullam Taufiq mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kepala Kantor Kemenag beserta rombongan yang pertama kali di MI Sullam Taufiq.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kedatangan H. Kasiman Mahmud Desky selaku Kepala Kankemenag beserta rombongan di MI Sullam Taufiq, insya Allah ini akan memberikan suntikan motivasi dan semangat baru bagi kami dalam mengelola pendidikan.” ungkapnya.

Hasil monitoring pelaksanaan PTM terbatas berlangsung lancar dan tidak ditemui permasalahan berarti. (Msa/Ant/bd).