MAN 1 Kota Semarang Prakarsai Event Robotic Competition Madrasah Pertama di Jateng

Semarang— Saat ini teknologi menjadi kebutuhan bagi manusia. IT (Information and Technology) terus berkembang dan menuntut manusia terus berinovasi untuk memenuhi tuntunan tersebut. Menyadari akan hal itu, MAN 1 Kota Semarang gandeng Racer Jakarta selenggarakan event Jateng Robotic Competition 2022 di kampusnya pada Sabtu (12/02/2022).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, Mukhlis Abdillah hadir pada kegiatan tersebut didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penma), Moch. Fatkhuronji.

Dalam sambutannya, Mukhlis Abdillah sampaikan bahwa slogan Madrasah Hebat Bermartabat dan Madrasah Mandiri Berprestasi, tentunya membutuhkan wahana yang spesial, tidak hanya kegiatan belajar mengajar pada umumnya.

Menurutnya kemajuan teknologi salah satunya adalah dunia robotik, dan di era digital teknologi seperti saat ini, siswa seyogyanya sudah diperkenalkan sejak dini dengan teknologi.

“Sedini mungkin anak diperkenalkan dengan teknologi, agar dapat mengembangkan robotik yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia,” tutur Mukhlis.

Lembaga pendidikan dituntut mampu dan memberikan wadah bagi siswanya dalam  mengembangkan hobby, minat dan bakat siswa agar kedepannya dapat membawa manfaat bagi masyarakat.

“Ini merupakan peluang bagi madrasah agar tidak menjadi tujuan alternatif dalam dunia pendidikan, yaitu dengan menyediakan sarana prasarana atau wahana pendidikan robotik, sehingga madrasah menjadi pilihan atau tujuan utama baik bagi orang tua maupun siswa itu sendiri dalam menentukan kemana mereka akan memilih tempat memperoleh pendidikan,” lanjutnya.

Ditambahkan olenya bahwa madrasah dituntut untuk kreatif dan inovatif  sehingga mampu menjadi magnet bagi orang tua dan peserta didik.

Ikut hadir Kepala Bidang (Kabid) Penma Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Prov. Jateng, Saifulloh. Pada kesempatan ini Ia sampaikan apresiasinya kepada MAN 1 Kota Semarang atas terselenggaranya kegiatan ini. “Saya bangga dengan penyelenggaraan kompetisi robotik yang pertama di Jawa Tengah, apalagi antusiasme peserta luar biasa, lebih dari 50 tim, tentunya ini menjadi prestasi dari pihak penyelenggara,” ungkap Saifulloh.

Jateng Robotic Competition 2022 ini diperuntukkan bagi siswa MTs atau SMP. Event ini memberikan ruang bagi peminat robotik untuk berkreativitas. Melalui kegiatan ini diharapkan akan muncul roboter-roboter andal di berbagai bidang kehidupan. Demikianlah harapan dari Tasimin, Kepala MAN 1 Kota Semarang selaku penyelenggara. Penyelenggara juga harapkan agar kegiatan sejenis yang berbentuk wadah kreativitas siswa dan bukan profit oriented terus bertambah dan berkembang. (Rosidi/NBA/bd)