Menginspirasi, Guru Mapel Al-Qur’an Hadits Jadikan MGMP Mejadi Wadah Yang Produktif

Banjarnegara – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan wadah kegiatan profesional guru dalam meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan. Selain itu melalui kegiatan ini dapat dilakukan diskusi, tukar pikiran dan pengalaman antar pengurus MGMP untuk mengatasi permasalahan yang ada dan berkembang di sekolah.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Al-Qur’an Hadits tingkat MTs se-Kabupaten Banjarnegara melaksanakan pertemuan di Rumah Makan Bu Mansyur, Kamis (24/02). Kegiatan ini mengagendakan persiapan untuk Ujian Madrasah Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.

Dalam acara tersebut, Sunaji, selaku ketua MGMP memimpin agenda bedah kisi-kisi Mapel Al-Qur’an Hadits. “Setiap guru wajib membuat soal terbaik untuk dijadikan soal dalam Ujian Madrasah, yang tentunya soal sesuai dengan kisi-kisi yang kita diskusikan ini,” pintanya dalam acara tersebut.

Selain itu, Sunaji juga menyampaikan komitmen dari K3M untuk memaksimalkan kegiatan MGMP guna membantu kegiatan pembelajaran di Madrasah. “Jadikan MGMP bukan hanya pertemuan rutin saja tapi jadikan MGMP sebagai tempat berbagi pengalaman dan berdiskusi tentang tugas seorang guru, sebagai tempat memecahkan persoalan secara bersama-sama, sebagai tempat menyusun persiapan mengajar, sebagai tempat memilih metode dan alat peraga yang sesuai dengan materi, serta sebagai tempat untuk belajar tentang kepemimpinan” tambahnya.

Pertemuan yang dihadiri semua guru pengampuh mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada semua Madrasah Tsanawiyah yang ada di Kabupaten Banjarnegara baik Madrasah Negeri maupun Madrasah Swasta bukan hanya membedah kisi-kisi saja, tetapi juga menyusun soal Ujian Madrasah. Seperti yang yang diutarakan oleh salah satu anggota MGMP Siti Fatimah selaku guru Al-Qur’an Hadis MTsN 2 Banjarnegara “Ujian Madrasah memang akan dilaksanakan pada waktu dekat ini, oleh karena itu penyusunan soal Ujian Madrasah adalalah agenda utama kita” ujarnya. (sf/ak/rf)