MGMP Bahasa Indonesia MTs se-Kabupaten Banjarnegara Gelar Pertemuan Perdana Tahun 2022

Banjarnegara – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) se Kabupaten Banjarnegara gelar pertemuan di Rumah Makan Ayam Geprek SAKO Banjarnegara pada hari Rabu 16 Februari 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Endah Wahyuningsih sebagai Ketua MGMP MTs se Kabupaten Banjarnegara dan Mahwar Setiyo Budi sebagai Sekretaris merangkap anggota MGMP Bahasa Indonesia, serta anggota lainnya yang berasal dari semua Madrasah Tsanawiyah se Kabupaten Banjarnegara.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia, Endah Wahyuningsih menyatakan bahwa diadakannya pertemuan ini untuk membahas Pelaporan Bantuan PKB Tahun 2021, Evaluasi Pembuatan Soal dan Modul, penyusunan program kerja serta penyusunan perangkat pembelajaran semester gasal tahun pelajaran 2022-2023.

Endah Wahyuningsih berobsesi akan menggenjot kegiatan MGMP dibawah tanggungjawabnya dan tidak mau kalah dari MGMP lainnya, bahkan kalau perlu akan diadakan doorprize sebagai motivasi dan penyemangat anggota untuk rajin mengikuti kegiatan.

Endah menjelaskan bahwa untuk menjadi guru yang profesional, selain dengan menguasai materi dan metode pembelajaran juga aktif dalam MGPM maupun organisasi profesi.

“Ciri guru profesional adalah mereka selalu hadir di MGMP karena terpanggil bukan karena dipanggil, datang bukan karena diundang tapi karena kebutuhan,” tegasnya.

Lebih lanjut Endah Wahyuningsih menasihatkan bahwa jangan sampai biaya akomodasi menjadi alasan tidak ikut kegiatan MGMP.

“Memang suatu masalah kalau tidak ada uang tapi ikut di MGMP justru menghasilkan uang, artinya MGMP adalah upaya memperbaiki kinerja guru dan kalau kinerja semakin bagus semakin banyak pula penghasilan, naik pangkat karena kinerja bagus sekaligus juga bertambah penghasilan, barulah disebut profesional, guru profesional selalu disiplin dan telaten dalam bekerja dan tidak asal-asalan,” pungkasnya. (en/ak/rf)