Partisipasi Agen Perubahan pada Peresmian Gedung SBSN 2021 Jateng

Partisipasi Agen Perubahan pada Peresmian Gedung SBSN 2021 Jateng
Semarang—Kegiatan Pembinaan dan Penandatangan Prasasti Gedung Madrasah, Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Sumber Dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) 2021 se-Jawa Tengah oleh Menteri Agama (Menag) dilaksanakan di kampus MTsN 1 Kota Semarang, Selasa (8/2).

Hal ini tentunya menjadikan tanggung jawab bersama tidak hanya MTsN 1 Kota Semarang tetapi juga Kankemenag Kota Semarang sebagai pemilik wilayah teritori. Mukhlis Abdillah selaku Kepala Kankemenag Kota Semarang perintahkan jajarannya untuk ikut terlibat pada kegiatan tersebut, termasuk agen perubahan diantaranya Rachmad Pamudji Kasubbag Tata Usaha, Moch. Fatkhuronji Kasi Pendidikan Madrasah, Cholidah Hanum Gara Zakat dan Wakaf, serta Nova Budi Aristin pegawai pada Subbag Tata Usaha Kankemenag Kota Semarang. Ditugaskan pula Varida Indah Rakhmawati penyuluh agama Islam dan Dintha Muhammad Kurnia yang juga merupakan pegawai pada Subbag Tata Usaha.

Masing-masing memiliki peran pada kegiatan yang berlevel nasional tersebut. Menyadari akan tanggung jawabnya, Pamudji beserta Fatkhuronji lakukan koordinasi dan komunikasi secara intens terhadap MTsN 1 Kota Semarang terkait kesiapan sarana dan prasarana, konten/tampilan, serta petugas baik pada tingkat pelaksana teknis lapangan maupun petugas sesi acara, hal ini dilakukannya sampai detik-detik terakhir berakhirnya kegiatan.

Hanum panggilan akrab Gara Zawa Kankemenag Kota Semarang didapuk sebagai Master of Ceremony (MC). Menyadari pentingnya peran MC dalam mensukseskan sebuah acara, Hanum lakukan koordinasi dengan semua pihak, Kepala MTsN 1 Kota Semarang selaku tuan rumah, protokoler, tim panitia dan masing-masing koordinator serta semua pendukung acara. “MC memiliki peran penting dalam memfasilitasi acara dan memastikan bahwa program terlaksana tanpa hambatan. Oleh karenanya mutlak dilakukan koordinasi dengan semua pihak terkait pada pra kegiatan, dan yang tak kalah penting adalah perlunya gladi sebelum hari H,” tutur Hanum.

“Sesuai arahan Kakanwil Kemenag Prov. Jateng pada rakor H min 1, bahwa acara pembinaan dan peresmian harus berkelas, menyuguhkan acara yang berkualitas dan kemasan tampilan yang bagus,” imbuh Hanum.
Wanita kelahiran Demak ini memang sudah memiliki jam terbang tinggi dalam membawakan acara pada kegiatan-kegiatan formal/kedinasan, tidak hanya tingkat lokal tapi bahkan nasional, oleh karenanya Ia dianggap layak dan mampu untuk menjalankan peran tersebut.

Nova berkolaborasi apik dengan paduan suara MTsN 1 Kota Semarang pimpin lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah pada acara pembukaan kegiatan yang dihadiri oleh staf ahli dan staf khusus Menag, Dirjen Bimas Islam, Direktur KSKK Madrasah dan Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Kakanwil beserta jajarannya, Kepala Kankemenag Kab/Kota se Jateng,  Kasi Dikmad dan Kepala Madrasah beserta jajarannya yang telah menerima SBSN tahun 2021, serta Walikota Semarang.

“Tugas Kami adalah mengajak seluruh tamu undangan dan peserta kegiatan untuk turut serta bersemangat menyanyikan kedua lagu tersebut guna membangkitkan semangat nasionalisme dan kebangsaan,” tutur Nova yang telah terbiasa bertugas sebagai dirigen sejak di bangku Sekolah Dasar dan saat ini ikut aktif menulis berita pada website Kemenag Kota dan Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

Sebagai menu pembuka selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dibawakan oleh Indah. Qoriah asal kota lumpia ini membawakannya dengan jelas, lantang dan cengkok yang pas sehingga terdengar syahdu dan mampu membawa suasana menjadi hening, khusyuk dan khidmat. “Tampil di depan Menag merupakan pengalaman perdana Saya,” ucap Qoriah yang pernah menjuarai MTQ KORPRI Prov. Jateng 2015 sebagai Juara I pada cabang tilawah putri.

Mukhlis Abdillah juga ikut terjun langsung sebagai petugas pemimpin doa. Dalam doa yang dibawakannya, Mukhlis memanjatkan pengharapan agar gedung-gedung SBSN 2021 se Jateng dapat memberikan kemanfaatan dalam meningkatkan pelayanan Kemenag kepada masyarakat. “Jadikan gedung yang diresmikan ini sebagai ladang ilmu dan amal shaleh bagi kami dan bagi seluruh aparatur yang mengabdi di instansi tercinta ini, sehingga mengantarkan kami pada kebaikan di dunia dan akhirat. Teguhkanlah hati kami untuk menjalankan amanah dan mewujdukan cita-cita Kementerian Agama yang berkhidmat melayani umat,” penggalan doa yang dipanjatkan Mukhlis.

Nampak pula Dintha menjalankan tugasnya untuk mendokumentasikan momen demi momen pada kegiatan bersejarah yang dilaksanakan pagi hingga siang kemarin di MTsN 1 Kota Semarang.
Mukhlis sampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada jajarannya yang telah melaksanakan tugas dengan baik. “Semoga partisipasi dari Bapak/Ibu dicatat sebagai amal ibadah dan membawa keberkahan bagi semua,” pungkas Mukhlis.(Hanum/Dintha/NBA/bd)