Pembinaan Guru, Kasi Penmad Himbau Guru Untuk Terus Berinovasi

Banjarnegara – Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara melaksanakan Pembinaan pada guru MTsN 2 Banjarnegara bertempat di Aula MTsN 2 Banjarnegara yang dihadiri oleh 53 tenaga pendidikan. Rabu,(16/02)

Kegiatan Pembinaan Guru Madrasah ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan semangat kerja, pengabdian, inovasi dan tanggung jawab guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, dan mengevaluasi peserta didiknya di madrasahnya sendiri.

Pada kesempatan ini, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Slamet Wahyudi menyampaikan bahwa guru sebagai seorang pendidik dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar harus benar-benar ikhlas dalam menyampaikan ilmu.

“Jadi guru harus ikhlas, jadi ngajarnya juga bahagia,” jelasnya

Slamet menghimbau para guru dalam mengajar harus banyak berinovasi, jadi siswa-siswa bisa lebih mudah dalam menangkap pembelajaran dan mampu mengembangkan bakatnya. Guru jangan hanya sekedar memberikan materi tapi harus bisa mengajak siswanya sama-sama berpikir, sehingga pembelajaran lebih maksimal.

Para guru harus terus berinovasi, terlebih lagi masa pandemik covid-19 yang semua pembelajaran harus berbasis daring, maka cara mengajar konvensional sangat tidak relevan.

“Di musim pandemi seperti ini, Para guru tidak boleh surut dengan kondisi yang sedang dihadapi, justru harus tetap semangat, cari inovasi-inovasi metode dalam menyampaikan materi agar anak belajar dengan semangat, guru merasa puas dan orang tua tidak terbebani,” ujar Slamet Wahyudi

Sementara itu, Kepala MTs N 2 Banjarnegara, Ratna Ayu dalam kesempatan kali ini terus mendorong para guru untuk berinovasi dan berkreasi, baik dalam pembelajaran maupun dalam hal lainnya.

“Saya mendorong para guru untuk bisa mengikuti berbagai macam perlombaan, tentunya hal ini akan menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan pembelajaran,” pungkasnya

Ratna berharap dengan adanya pembinaan ini para guru akan semakin memiliki semangat dan saling bersinergi untuk memajukan madrasah. (en/ak/rf)