Penyuluh Agama Islam Dukung Pelayanan Tranformasi Digital

Penyuluh Jateng – Tranformasi digital merupakan salah satu dari tujuh Program Prioritas Kementerian Agama pada saat ini, diantara program program  yang lain seperti Penguatan Moderasi Beragama, Revitalisasi KUA, Cyber Islamic University (Perguruan Tinggi Keagamaan), Kemandirian Pesantren, Religiosity Index dan Pencanangan Tahun Toleransi.

Pada hari Kamis, 24 Februari 2022 Kementerian Agama melalui Penyuluh Agama ikut hadir dalam Soft Lounching Mall Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh  Pemerintah Kota Magelang terdiri dari  26 tenant. Berbagai instansi daerah, instansi vertikal, dan BUMD maupun BUMN, salah satunya adalah Kementerian Agama Kota Magelang yang siap melayani masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya.

Peran Penyuluh Agama Islam dalam tusi bimbingan atau penyuluhan agama dan pembangunan kepada masyarakat melalui bahasa agama, memiliki tugas/kewajiban yang cukup berat. Karenanya, Penyuluh Agama Islam harus mampu menjelaskan serta menjadi  jembatan  masyarakat dimasa transisi era industry 4.0 penuh dengan artificial intelligence (Kecerdasan buatan) dengan memiliki SDM unggul yang memiliki karakter profesional, produktif, inovatif dan agamis.

Dalam hal tersebut, Penyuluh Agama Islam ikut membantu pelayanan berbasic MPP (Mall Pelayanan Publik) yang merupakan transformasi sekaligus suatu langkah strategis dalam perbaikan pelayanan publik yang dikombinasikan dengan penggunaan teknologi informasi. Semoga Penyuluh Agama Islam semakin terasa manfaatnya.(WS/Sua)