Pohon Besar Tumbang Menimpa Atap Gedung MA Nurul Hikmah Kalibening

Banjarnegara – Angin kencang tidak hanya menimpa 8 rumah di wilayah utara Banjarnegara, tepatnya Desa Kendaga Kecamatan Banjarmangu, namun juga berimbas pada tumbangnya pohon angsana besar berdiameter kurang lebih 50 cm dan sepanjang 25 meter yang menimpa atap Gedung MA Nurul Hikmah Kalibening (MANH), hari ini, Selasa, 08/02/2022 pukul 07.45 WIB.

Tumbangnya pohon kalbi tersebut sebetulnya sudah lama diprediksikan oleh warga termasuk guru dan staf MANH. Achmad Yafi’uddin selaku Kamad bahkan sudah pernah mengutarakan kekhawatirannya tersebut kepada Pak Wandi, pemilik tanah perkebunan dimana pohon angsana itu tumbuh. Beliau sudah menyarankan agar pohon tersebut ditebang saja, namun dari pihak pemilik masih belum mengambil tindakan apa pun.

Hari itu juga pihak MANH menghubungi pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Koramil Kecamatan Kalibening dan langsung ditangani proses evakuasi batang pohon angsana tersebut.

Bangunan yang tertimpa merupakan ruangan laboratorium computer dan asrama pondok putra. Sebanyak 8 unit komputer dan barang-barang inventaris lainnya ikut dievakuasi juga ke ruangan lain untuk mengantisipasi kerusakan yang ditimbulkan akibat atap gedung yang bocor terkena air hujan.

Aminarto yang merupakan guru MTs Ma’arif NU Jatilawang bahkan sudah melaporkan hal ini kepada group WA Ma’arif dan NU Kabupaten untuk mendapatkan perhatian dan bantuan dana.

“Pihak pemilik kebun (Pak Wandi) sudah menghubungi pihak Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hikmah, namun kelihatannya belum terjadi kesepakatan perihal pemberian kompensasi ganti rugi. Namun kami akan mengupayakan bantuan dari BPBD Kabupaten, dan saat ini sedang menghubungi Kepala Desa Kalisatkidul untuk dibuatkan surat pengajuan dari desa,” papar Achmad Yafi’uddin.

Lokasi MANH yang memang rawan dengan resiko tertimpa pohon tumbang dan memang sudah lama menjadi PR tersendiri bagi pihak Yayasan apa lagi di musim angin kencang seperti ini.

Gedung yang tertimpa pohon merupakan Gedung lantai 2. Sedang lantai 1 merupakan ruang kelas X IPS. Untuk sementara KBM siswa kelas X IPS dialihkan ke ruangan lain demi kemananan.   (asg/ak/rf)