Sinergi Orang Tua dan Guru MTs Negeri 1 Banjarnegara untuk Cetak Siswa Hebat

Banjarnegara – Sabtu (26/2) MTs Negeri 1 Banjarnegara menyelenggarakan Sosialisasi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022. Sosialisasi ini diadakan dengan mengundang seluruh wali murid kelas 9. Pada kesempatan ini Abdul Majid, guru MTs Negeri 1 Banjarnegara menyampaikan kultum tentang orang tua.

Salah satu tugas orang tua yang utama adalah memberi pendidikan yang terbaik. Apabila orang tua tidak sanggup mendidik anak sendiri maka alternatif terbaiknya adalah menyekolahkan anak. Di sinilah peran penting orang tua kedua.

Mengutip dari kitab Taklim Mutaalim, Abdul Majid menyebutkan bahwa orang tua itu ada dua, Abu Jasad dan Abu Ruh. Penjelasan ini disampaikan pada acara sosialisasi Ujian Madrasah MTs Negeri 1 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2021/2022 di masjid Darul Ulum.

“Abu Jasad ini ya bapak ibu semua di sini, yang menjadi orang tua biologis anak. Abu Ruh adalah orang tua yang mendidik, membimbing, dan mentransfer ilmu kepada anak, yaitu guru. Jadi akan sangat baik apabila kita para orang tua bersinergi mendidik dan membimbing anak-anak kita.” Jelasnya.

Menurut Abdul Majid menjadi guru itu gampang-gampang susah. Hal ini disampaikan sesuai dengan pengalaman beliau.

“Menjadi guru itu gampang-gampang susah ternyata. Dalam satu kelas saja karakter anak itu sudah berbeda-beda. Ada yang pandai, ada yang pintar, ada yang datang terlambat, dan lain sebagainya. Dan lebih menarik lagi bahwa kita mengajar anak orang lain, bukan anak sendiri.”

Oleh sebab itu, perlu kerja sama yang baik antara orang tua dan guru supaya anak-anak bisa menjadi generasi yang berguna bagi bangsa dan agama. Sudah sangat tepat menyekolahkan anak untuk dididik dan dibentuk menjadi anak yang bertanggung jawab dan berkarakter mulia. (Rin/ak/rf)