Tiga Siswa MTsN 2 Pekalongan Raih Prestasi di Ajang NSMO 2022

Kab. Pekalongan – Kabar Prestasi kembali membuat MTsN 2 Pekalongan di awal pekan ke-2 Februari 2022 ini. Kali ini, tiga siswa yakni Naily Murodah, Rilza Dwi Aprilia dan Rico Juliansyah berhasil mengharumkan nama madrasah di tingkat Nasional melalui ajang National Science Mathematics Olympiad (NSMO). Kompetisi bidang akademik yang diselenggarakan oleh PT Event Cerdas Nusantara pada 6 Februari ini melombakan 2 bidang mata pelajaran untuk tingkat SMP/MTs yakni IPA dan Matematika.

Untuk penyelenggara lombanya sendiri merupakan lembaga pendidikan yang telah mengantongi legalitas dari Kemenkumham dengan nomor AHU-002601.AH.01.30. tahun 2022. Berdasarkan pengumuman kejuaraan yang dirilis oleh panitia pada 7 Februari 2022, ketiga siswa tersebut merebut gelar dengan rincian sebaga berikut: 1.  Naily Murodah, meraih medali 2 medali Emas sekaligus yakni dari mapel IPA dan Matematika; 2.Rilza Dwi Aprilia dan Rico Juliansyah, masing-masing meraih 1 medali Emas mapel IPA dan 1 medali Perak dari mapel Matematika. Sehingga, total medali yang dipersembahkan untuk madrasah berjumlah 6 medali, terdiri dari 4 medali Emas dan 2 medali Perak.

Salah satu peraih medali, Naily Murodah, menceritakan pengalamannya mengikuti NSMO. Menurutnya, karena sudah sering berkompetisi pada lomba yang diadakan oleh PT Event Cerdas Nusantara, ia dan kawan-kawan mengaku tidak mengalami kesulitan saat mendaftar hingga pelaksanaan lomba.

“Alhamdulillah, kami bisa mengerjakan dengan baik soal-soal yang disajikan dan mendapat medali dari dua mapel sekaligus.” ungkap siswa kelas 7A itu.

Wahyu Hidayani, S.Pd. sebagai salah satu pembimbing kelompok belajar IPA menuturkan bahwa salah satu manfaat dari berkompetisi adalah kemampuan akademik yang semakin terasah. Sehingga mereka menjadi lebih siap apabila mengikuti lomba-lomba sejenis meski berbeda penyelenggara. Selain itu, penguasaan materi pun akan semakin meningkat.

Prestasi yang dicapai ketiga siswa ini tentu saja mendapat apresiasi dari kepala madrasah, Imam Sayekti, S.Pd., M.Si., M.Pmat. Ia memberi ucapan selamat sekaligus motivasi kepada para juara agar terus meningkatkan kualitas dirinya melalui berbagai sarana positif, termasuk kompetisi dalam bidang akademik maupun non akademik. Ia juga menyampaikan hormatnya kepada para guru pembimbing terutama mapel Sains dan Matematika yang telah dengan sabar menuntun para siswanya mengukir prestasi. (Why/Ant/bd).