Amhal Kaefahmi, Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun Kelas VI MI Berjalan Lancar

Semarang – Pengawas Madrasah, Amhal Kaefahmi menyatakan, pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas VI MI di wilayah binaan Kecamatan Tembalang dan Kecamatan Banyumanik berjalan lancar dan tertib, serta tetap terapkan protokol kesehatan secara ketat.

Hal itu dikatakan Amhal Kaefahmi, saat melakukan monitoring pelaksanaan PAT di wilayah binaannya, Selasa (22/3). Dari pemantauan langsung di madrasah maupun maupun secara daring diperoleh data, pelaksanaan PAT tidak terdapat kendala dan masing-masing madrasah tetap terapkan Prokes secara ketat.

“Alhamdulillah, pelaksanaan PAT tahun ini tidak ada kendala. Masing-masing kepala madrasah melaporkan pelaksanaan berjalan tertib dan lancar,” tutur Amhal Kaefahmi.

Dia juga merasa bangga dengan kinerja para kepala madrasah (Kamad) beserta guru binaannya yang tetap memberikan layanan pembelajaran terbaik bagi siswa di tengah Pandemi Covid-19. Terbukti, karena pembelajaran tatap muka (PTM) harus dilakukan secara terbatas di madrasah, para guru memberikan pembelajaran secara berkelompok di rumah para guru maupun rumah para orangtua/wali siswa.

“Semangat guru sangat mengharukan dan perlu mendapat apresiasi,” tambahnya.

Pelaksanaan PAT di MI Mangunharjo Kecamatan Tembalang digelar dengan membagi rombongan belajar (Rombel) siswa dibagi menjadi dua ruangan. Saat mengerjakan soal pun para siswa diberikan jarak yang cukup.

Kamad MI Mangunharjo, Saefudin Zuhri mengatakan, banyak orangtua/wali siswa yang menginginkan PTM penuh seperti biasa. Setelah diberikan penjelasan dengan arif, para orangtua/wali memahami bahwa pembelajaran sekarang ada aturan tertentu yang dimaksudkan untuk keselamatan dan keamanan bersama.

“Kendati demikian, kami tetap berkomitmen memberikan layanan pembelajaran terbaik pada siswa,” ujarnya.

Sementara itu, guru kelas V setempat, Sunar mengatakan, pembelajaran daring ternyata tidak semudah yang dibayangkan banyak orang. Ada beberapa kendala yang menyertainya, misalnya tak semua siswa mempunyai gatget sendiri karena bergantian dengan orangtuanya. Juga, terkadang tak tersedianya kuota maupun signal yang tak bersahabat.

Sementara itu, Kepala MI Nashrul Fajar, Abdul Khaer menyatakan, dari 120 siswa kelas VI di madrasahnya, semua hadir ikut PAT. Sedangkan kepala MI Miftahul Ulum 02, Sobirin mengatakan, selain PAT kelas VI, mereka juga menggelar penilaian harian bersama (PHB) bagi kelas 1 s.d 5.

Sedangkan ketua KKM MI Kecamatan Tembalang, Istolik Makmun mengkonfirmasi, pelaksanaan PAT sampai hari Selasa ini, berjalan tertib dan tidak ada kendala. Demikian pula konfirmasi dari kepala MI lainnya, yakni Nur Kholis (MI Falahiyah), Sri Zuniati (MI Al Hikmah), Siti Aropah (MI Taufiqiyah), Uyek Sumiyatun (MI Baiturrahim), dan Sukirman (MI Al Mutaalimin). (Amhal Kaefahmi/bd)