BIN Pantau Langsung Pelaksanaan Vaksin Covid-19 Dosis 2 Di MI Muhammadiyah Kecepit

Banjarnegara – Selasa, 15 Maret 2022 telah dilaksanakan Kegiatan Vaksinasi Covid-19 Dosis 2 untuk anak usia 6-11 tahun yang digelar di MI Muhammadiyah Kecepit Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara.

Program percepatan vaksinasi terus digencarkan oleh pemerintah dengan sasaran masyarakat dewasa hingga anak-anak yang terus berlangsung sampai saat. Program pemerintah mengenai vaksinasi pada anak-anak bertujuan untuk melindungi mereka dari paparan Covid-19 dan memberikan keamanan saat melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Vaksinasi covid-19 dosis 2 ini diikuti oleh siswa siswi RA, BA, dan MI yang berusia 6-11 tahun di wilayah Desa Kecepit sebanyak 278 anak yang meliputi: BA ‘Aisyiyah 1 Kecepit 7 anak, BA ‘Aisyiyah 2 Kecepit 8 anak, RA GUPPI Kecepit 9 anak dan MI Muhammadiyah Kecepit 254 anak. Kegiatan vaksinasi ini dilayani oleh Tenaga Kesehatan (NAKES) dari Puskesmas Punggelan 1 sebanyak 11 orang. Sedangkan jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin Sinovac.

Kegiatan vaksinasi ini mendapat pantauan langsung dari anggota BIN (Badan Intelijen Negara) Republik Indonesia.

“Kami ditugaskan langsung oleh Presiden Joko Widodo untuk memantau pelaksanaan vaksinasi di tingkat yang paling bawah untuk mengetahui sejauh mana antusiasme masyarakat terhadap Program Vaksinasi yang dicanangkan Pemerintah Republik Indonesia,” kata Bastian, salah satu anggota BIN yang datang langsung ke MI Muhammadiyah Kecepit bersama seorang anggota lainnya dan didampingi staf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara Sidik Rofiko dan Arif Rahman Hakim.

Percepatan vaksinasi yang digencarkan bagi siswa RA, BA, dan MI ini diharapkan bisa mempercepat proses pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM). Langkah percepatan vaksinasi tepat untuk dilaksanakan karena siswa merupakan bagian dari generasi yang akan datang, maka generasi yang akan datang ini harus dijaga dan dimaksimalkan dalam pendidikan. Selain itu, harapannya pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar, imunitas komunal dapat terbentuk, peta risiko segera membaik.

“Alhamdulillah pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun di MI Muhammadiyah Kecepit berjalan dengan baik dan lancer serta mendapat tanggapan yang baik dari semua pihak yang memantau pelaksanaan kegiatan tersebut. Baik dari BIN, Dinas Kesehatan, dan dinas terkait lainnya,” ungkap Sidik Rofiko, selaku perwakilan Kantor Kemenag Banjarnegara (ak/rf)