Cegah Kebocoran, Soal PAT MTs Nurul Huda Pagedongan Dilindungi Dengan Token.

Banjarnegara – Penilaian Akhir Tahun (PAT) kelas IX Tahun Pelajaran 2021/2022 MTs Nurul Huda Pagedongan dimulai pada hari Jumat (4/3/22) sampai dengan Sabtu (12/3/22). Tidak hanya PAT, MTs Nuhud juga adakan Penilaian Harian Terstruktur (PHT) bagi kelas VII dan VIII sehingga tidak perlu belajar di rumah dan tetap berkegiatan di Madrasah.  

PAT dan PHT diikuti oleh 97 siswa dan dilaksanakan di madrasah. Pelaksanaan di madrasah ini dengan pertimbangan siswa kurang dari 100 sehingga tetap dapat mengatur jarak. Walau dilaksanakan di madrasah, siswa tetap mematuhi protokol kesehatan khususnya jaga jarak dan menggunakan masker. Selain mematuhi protocol kesehatan, siswa juga mematuhi tata tertib yang telah dibacakan oleh pengawas pada hari pertama.

Kegiatan PAT dan PHT telah sampai pada hari ke-7 dan terpantau lancar dengan diawasi oleh pengawas silang mapel. Siswa dengan mudah mengakses soal hanya dengan mengakses website resmi MTs Nuhud yaitu www.nuhud.com.

Soal PAT dan PHT dilindungi dan menggunakan token yang dikirim ketika waktu PAT dan PHT dimulai sehingga siswa tidak dapat mengakses sebelum waktunya.

“Kita sudah membentuk panitia, di dalamnya ada Proktor yang bertugas Meng Upload Soal ke Nuhud.com dan membagikan token kepada pengawas yang selanjutnya dibagikan kepada siswa,” ungkap Riswanto, ketua panitia

Tidak ada alasan bagi siswa yang terkendala tidak mempunyai HP, mereka dapat menggunakan komputer madrasah sehingga tetap mengikuti PAT/PHT. Seperti yang terjadi pada Daffa Daifulloh, ia mengaku kalau HP-nya rusak karena terkena air pada hari ke-6, kamis (10/3).

“Mohon maaf pak, saya tidak bisa mengikuti PHT karena HP saya rusak terkena air”, tuturnya saat ia izin tidak mengikuti PHT. Mendengar izin tersebut, Riswanto mengarahkan untuk menggunakan komputer madrasah.

“Tidak Perlu khawatir, kamu dapat mengikuti PHT dengan menggunakan komputer madrasah,” tuturnya.

PAT/PHT terakhir adalah besok, Sabtu (12/3). Selanjutnya dewan guru akan melaksanakan rapat pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) yang tidak lama lagi akan dilaksanakan. (sa/ak/rf)