Darun Kasanah Kembali Pimpin KPRI Tulus Karya Hingga 2024 Mendatang

Semarang, Kamis (31/3/2022) Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Tulus Karya Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang gelar Pemilihan Pengurus Baru untuk Periode 2022-2024, di Hotel Plaza Semarang.

Kegiatan dilaksanalan selepas gelaran Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021.

Seluruh anggota KPRI Tulus Karya baik dari unsur Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas pada kantor kota, Kantor Urusan Agama (KUA) maupun madrasah, memiliki hak suara dan menggunakannya pada kegiatan dimaksud.

Abdur Rozaq selaku Sekretaris Koperasi menerangkan bahwa beberapa hari yang lalu telah melakukan polling terhadap calon Ketua Koperasi.

“Guna menentukan kandidat calon Ketua Koperasi, kami melakukan polling kepada anggota koperasi, yaitu melalui pengisian googleform yang kami bagikan pada 28 Maret lalu,” tuturnya.

“Setelah kami bagikan beberapa hari, Rabu (30/3/2022) kami peroleh 3 nama pilihan anggota terbanyak. Ketiga nama inilah yang akhirnya kami pergunakan sebagai dasar dalam pemilihan Ketua Pengurus KPRI Tulus Karya Periode 2022-2024, melalui pemilihan langsung yang kami gelar bersamaan dengan RAT Tahun Buku 2021. Mengapa, karena polling hanya diisi oleh sebagian anggota saja, sehingga harapannya dengan pemilihan secara langsung, bisa lebih memaksimalkan partisipasi dari anggota, karena berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) ada minimal kuorum yang harus terpenuhi guna menentukan ketua terpilih,” terang Rozaq.

Tiga nama dimaksud adalah Imron Rosyadi Pengawas Madrasah, Darun Kasanah Ketua Koperasi periode sebelumnya dan Tantowi Jauhari Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.

Setiap pemilih yang hadir diberikan kartu/kertas suara.

Panitia penyelenggara telah menyediakan bilik suara sbagai tempat pemilihan atau pencoblosan dan kotak suara untuk meletakkan kertas suara yang telah dicoblos.

“Bagi anggota yang sudah melakukan pencoblosan, juga kami minta untuk mencelupkan jarinya pada tinta yang telah kami sediakan, tujuannya agar tidak terjadi pemilih ganda. Satu suara hanya melakukan pencoblosan sekali,” jelas Mukhlis, panitia yang bertugas sebagai seksi perlengkapan.

“Alhamdulilah antusiasme anggota cukup besar, tingkat kehadiran juga tinggi, ada 307 peserta yang hadir dan menggunakan hak suaranya, termasuk Kepala Kankemenag Kota Semarang,” ujar Abdul Ghafur selaku Pengawas Koperasi.

“Sudah seperti pemilihan Presiden,” tutur Mukhlis Abdillah Kepala Kankemenag Kota Semarang.

Penghitungan suara dilakukan di akhir acara, dan disaksikan oleh seluruh peserta atau anggota yang hadir.

Sunar, Penghulu KUA Kecamatan Semarang Barat bertindak selaku saksi dalam proses penghitungan suara.

Adapun petugas pembaca kertas suara adalah Andina Kartika Sari salah satu panitia penyelenggara dibantu oleh Dintha Muhammad Kurnia, sedangkan petugas pencatat adalah Abdur Rozaq dan Nova Budi Aristin.

“Dalam penghitungan, kami lakukan dua metode, yaitu menggunakan aplikasi excel yang dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dalam penghitungan serta percepatan proses menghitung, sedangkan untuk akurasi perhitungan, kami gunakan metode manual pula,” jelas Nova.

“Kedua penghitungan dilakukan bersamaan dan guna mendukung keakuntabilitasan dalam proses penghitungan,” imbuhnya.

Satu persatu kertas suara dibuka oleh panitia, ditunjukkan kepada saksi kemudian dicatat oleh petugas.

Penambahan perolehan suara dapat disaksikan langsung oleh peserta melalui tabulasi excel yang ditampilkan dalam layar proyektor, sehingga menambah keseruan pelaksanaan pemilihan.

Hasil akhir, suara terbanyak atas nama Darun Kasanah dengan perolehan suara sebanyak 154, peringkat kedua diraih oleh Imron Rosyadi dengan perolehan 117 suara, dan peringkat akhir atas nama Tantowi Jauhari dengan jumlah pemilih sebanyak 36 orang.

“Dengan demikian Darun Kasanah dinyatakan sah sebagai Ketua terpilih periode 2022-2024,” ujar Asikin selaku Pengawas Koperasi lainnya.

Ini merupakan periode kedua bagi Darun dalam memimpin KPRI Tulus Karya.

Pria berkumis dan berkacamata ini mengucapkan terima kasih kepada anggota atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

“Semoga saya istiqomah dalam mengemban amanah ini, dan saya mohon dukungan dari seluruh anggota guna menjalankan program-program koperasi yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota,” tutur Darun Kasanah.(NBA/bd)