Diseminasi dan Workshop Pembelajaran Bermuatan STEAM dengan Media Loose Part

Semarang, Tim Penulis buku Pengurus Daerah (PD) Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kota Semarang menyelenggarakan kegiatan diseminasi dan workhop pembelajaran bermuatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) dengan media loose part, di sepuluh kecamatan, kurang lebih selama sepuluh hari (8-16 Maret 2022).

“Pada masing-masing kecamatan, kami menugaskan dua orang sebagai pembimbing,” tutur Muji Susiati selaku Ketua Tim Penulis Buku PD IGRA Kota Semarang.

“Kegiatan ini juga merupakan sosialisasi buku ajar yang telah kami susun,” lanjutnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala dan Guru RA pada 10 kecamatan di Kota Semarang, yaitu Kecamatan Tembalang, Banyumanik, Genuk, Pedurungan, Gayamsari, Semarang Timur, Ngaliyan, Tugu, Semarang Barat, Semarang Utara, Semarang Tengah, Mijen dan Ngaliyan.

Muji juga menyebutkan 8 orang anggota Tim Penulis Buku PD IGRA Kota Semarang, yaitu Muji Susiati, Sitik Chumairoh, Siti Kholifah, Siti Mujiyah, Faizah, Nova Sri Rahayu, Soelistyowati, dan Yudhi Setyowati.

Para pemateri menerangkan bagaimana metode pembelajaran yang menyenangkan di RA dengan bermuatan STEAM dan menggunakan bahan-bahan loose part.

“Bahan-baham loose part dimaksud terdiri dari 7 komponen yang berada di lingkungan sekitar. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas anak didik dan membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Pembelajaran ini juga

Memberikan keleluasaan bagi anak dalam berekspresi, menentukan pilihan, dan belajar tanpa ada paksaan,” terangnya.

Guna menghindari kebosanan, para peserta kegiatan diajak untuk menari dan bernyanyi bersama, serta melakukan gerak dan lagu, dengan tujuan untuk bisa dipraktikkan pula bagi anak didiknya masing-masing.

“Kami berharap, materi yang sudah kami sampaikan bisa diaplikasikan di masing-masing lembaga/tempat tugasnya,” tandas Muji. (Muji/NBA/bd)