Dorong Jurnalistik LDK MTs Negeri 1 Banjarnegara, Risky Arbangi: Ada Solusi Konkret Dalam Mencerdaskan Bangsa

Banjarnegara – Pagi itu, Sabtu (5/3/22) sinar matahari begitu terik bersama awan biru. Meskipun jarum jam telah menunjukkan pukul 08.00 WIB, agaknya terik matahari mampu membakar semangat serta antusias siswa MTs N 1 Banjarnegara dalam mengikuti kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan).

Mereka merupakan OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah) yang tengah mengikuti serangkaian kegiatan LDK yang berlangsung selama tiga hari. Bertempat di aula MTs N 1 Banjarnegara, terlihat sebanyak 50 siswa/siswi menantikan sosok wanita muda yang akan menyampaikan materi mengenai ‘Menjadi Penulis Digital’.

Sesampainya di lokasi, wanita yang akrab disapa Risky Arbangi langsung menyapa wajah wajah peserta LDK, tergambar jelas raut wajah gembira dari para OSIM MTs N 1 Banjarnegara. Beberapa mata peserta tampak menyoroti materi yang disampaikan melalui lcd proyektor. Mereka seolah-olah merasakan bagaimana asyiknya menjadi seorang penulis di tengah gempuran omicron yang tak kunjung usai.

Di sela-sela materi yang disampaikan, Risky Arbangi juga menanamkan semangat untuk peserta LDK MTs N 1 Banjarnegara.

“Ini sebuah tanggung jawab intelektual dari seorang peserta didik khususnya OSIM MTs N 1 Banjarnegara. Dengan mengikuti kegiatan jurnalistik, kalian harus siap membentuk gerakan konkret dalam memberantas buta aksara,” tutur lulusan S1 Sastra Indonesia UMP ini.

Dengan menyampaikan materi jurnalistik, Risky menambahkan, saat ini siswa/siswi khususnya generasi Z harus bergerak secara langsung dalam membuat perubahan. Aksi demonstrasi bukan tidak boleh, namun harus ada solusi konkret dalam mencerdaskan bangsa, katanya. (ran/ak/rf)